Kompas TV cerita ramadan amalan

Begadang di Bulan Ramadan Sampai Waktu Sahur, Apa Hukumnya?

Selasa, 20 April 2021 | 02:40 WIB
begadang-di-bulan-ramadan-sampai-waktu-sahur-apa-hukumnya
Ilustrasi begadang hingga larut malam saat bulan Ramadan. (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada banyak cara yang dilakukan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa. Salah satunya rela begadang untuk menunggu waktu sahur dilanjut dengan bangun siang.

Namun, apakah hal tersebut diperbolehkan? 

Dari segi kesehatan, jelas kebiasaan begadang di bulan ramadan dilarang karena dapat membahayakan kesehatan.

Menurut fatwa Syaikh Abdul-‘Aziz Aalu Syaikh - Min Fataawa Ash-Shiyaam (Hal. 24) begadang di malam ramadan dibagi menjadi tiga.

Baca Juga: Simak! Ayahanda Najwa Shihab Beberkan Keistimewaan Makan Sahur

1. Begadang untuk ibadah

Begadang sangat dianjurkan jika bertujuan untuk ibadah seperti dzikir, berdoa, shalat, membaca Al-Quran dan ibadah-ibadah lainnya. 

Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Akidah dan Akhlak - SAHUR TIME

Selasa, 20 April 2021 | 02:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:42
BNPB DUKUNG PEMPROV KEPRI TANGANI PEMULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG KEMBALI DARI SINGAPURA DAN MALAYSIA   PEMPROV KEPRI BENTUK SATGAS PENANGANAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG PULANG KE TANAH AIR MELALUI KOTA BATAM   PANDEMI COVID-19 BELUM BERAKHIR, GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR MINTA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DITUNDA   PANDEMI COVID-19, PEMKOT TANGERANG IMBAU WARGA HINGGA ASN TIDAK MUDIK LEBARAN   KOI AKAN GANDENG "INFLUENCER" UNTUK SEMARAKKAN SEKALIGUS DUKUNG PERJUANGAN TIMNAS DI OLIMPIADE TOKYO   MENKO PEREKONOMIAN PASTIKAN UPAYA PENANGANAN PANDEMI COVID-19 SUDAH SESUAI JALUR   KETUA DPD SEBUT PIHAKNYA TERUS DORONG LAHIRNYA KONGRES BUDAYA NASIONAL, SEBAGAI PELESTARIAN BUDAYA NUSANTARA   SOAL SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM), PEMPROV DKI TUNGGU ATURAN LEBIH LANJUT DARI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN   PEMPROV KALIMANTAN BARAT AKAN BERLAKUKAN PPKM MIKRO UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN PENULARAN COVID-19   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN KLAIM PPKM MIKRO TURUNKAN LAJU PENULARAN COVID-19   PEMERINTAH PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT BERBASIS MIKRO HINGGA 3 MEI 2021   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO: MUDIK TIDAK BOLEH, WISATA DIPERBOLEHKAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS: MUDIK HUKUMNYA SUNAH, TETAPI MENJAGA KESEHATAN ITU WAJIB   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS LARANG TAKBIR KELILING KARENA PICU KERUMUNAN