Kompas TV regional berita daerah

Pendekatan Humanis, Anggota TNI AD Razia Masker Sambil Berbagi Takjil

Senin, 19 April 2021 | 22:53 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Sempat kaget, Rizal, seorang pengendara sepeda motor yang melintas tanpa masker di depan Koramil 1007-03/ Banjarmasin Barat Tengah, tampak bingung.

Ia kemudian didatangi Danramil 1007-03/Banjarmasin Barat Tengah, Mayor Czi Tandra Wideru dan jajarannya.

Rizal kemudian mendapat teguran terkait penggunaan masker selama pandemi.

Rizal dan warga lain diperingatkan untuk tetap menggunakan masker sebab pandemi belum berakhir. 

Rizalpun segera mendapat masker medis.

Namun tak berhenti di situ, bingkisan takjil berupa sejumlah roti dan minuman untuk berbuka puasa pun diberikan padanya.

Baca Juga: Kisah Petani Karet Desa Lok Batu, Berharap Nilai Jual Getah Karet Tak Turun Kendati Tak Patok Harga

Inilah pendekatan humanis yang dilakukan Danramil 1007-03/ BBT, Mayor Czi Tandra Wideru beserta jajarannya dalam upaya mengedukasi masyarakat untuk kembali patuh menggunakan masker, jumat petang (16/4/2021).

Tak hanya Rizal, ada puluhan pengendara tak bermasker lain yang juga menerima hal serupa.

Hal tersebut memberi kesan positif bagi warga yang terjaring, seolah mengajak disiplin tak perlu menggunakan tangan besi namun bisa dengan merakyat.

"Kalau bisa tiap minggu, ya kesannya merakyat, lebih positif jadinya," ungkap Rizal.

Banyaknya warga yang kedapatan tak bermasker membuat Danramil 1007-03/BBT, Mayor czi Tandra Wideru, kembali meminta agar masyarakat tidak lengah pada penularan covid-19.

Serta mengimbau peran tokoh agama dalam sosialisasi protokol kesehatan di tempat ibadah.

"Ramadan ini kita harapkan kesadaran kembali meningkat. juga peran serta tokoh dan pemuka agama untuk mengingatkan protokol kesehatan," terangnya. 

Baca Juga: Tiap Masjid Diminta Bentuk Satgas Covid-19 Sendiri, Pastikan Protokol Kesehatan Tetap Dilaksanakan

PPKM Mikro masih terus dilakukan hingga 8 kali perpanjangan di Banjarmasin. 

Sehingga upaya edukasi dan penegakan disiplin seperti masih rutin dijalankan oleh jajaran TNI baik kodim 1007/Banjarmasin maupun korem 101/Antasari.

Penulis : KompasTV Banjarmasin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:58
ARUS BALIK LEBARAN, PEMKOT JAKARTA TIMUR SEDIAKAN TES ANTIGEN GRATIS    SATGAS COVID-19 PERKETAT PEMERIKSAAN WARGA YANG MELAKUKAN PERJALANAN MELEWATI GERBANG SUMATERA MENUJU JAWA    DISHUB: SIKM BERLAKU UNTUK PELAKU PERJALANAN PERORANGAN SAMPAI 17 MEI 2021    ANGGOTA KOMISI I DPR CHRISTINA ARYANI DUKUNG UPAYA PEMERINTAH BANTU SELESAIKAN AGRESI ISRAEL KE PALESTINA    MENKO PMK: ANTISIPASI ARUS BALIK PEMUDIK BUKAN HANYA DI DKI JAKARTA, TETAPI JUGA DI BEBERAPA KOTA LAIN    BERSIAP HADAPI ARUS BALIK, PEMKOT DEPOK SIAPKAN TES ANTIGEN BAGI PARA PENDATANG    ANTISIPASI PUNCAK ARUS BALIK, KETUA SATGAS: JANGAN ADA PIHAK AMBIL KEBIJAKAN BERBEDA    KETUA SATGAS: SINERGI ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH SANGAT PENTING DALAM MENGANTISIPASI ARUS BALIK LEBARAN    KETUA SATGAS DONI MONARDO: DALAM BEBERAPA HARI TERAKHIR PEMERIKSAAN SPESIMEN MENURUN    KETUA SATGAS TEGASKAN KENAIKAN ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 HARUS JADI EVALUASI DI TINGKAT NASIONAL MAUPUN DAERAH    KEMENHUB AKAN PERKETAT PERGERAKAN MASYARAKAT YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA SAAT ARUS BALIK LEBARAN   MENHUB PASTIKAN PEMBANGUNAN PELABUHAN PENYEBERANGAN SAMPALAN DI NUSA PENIDA, BALI, TETAP BERJALAN    MENHUB BUDI KARYA SUMADI TARGETKAN PELABUHAN PENYEBERANGAN SAMPALAN DI NUSA PENIDA SELESAI PADA 2022    KETUA SATGAS DONI MONARDO SEBUT PERSENTASE KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA MENINGKAT