Kompas TV klik360 sinau

Tips Menanam dan Budidaya Porang dari Tanah hingga Panen

Selasa, 20 April 2021 | 04:00 WIB

KOMPAS.TV - Tanaman porang tengah diminati karena punya nilai jual yang tinggi.

Porang menghasilkan umbi yang pasarnya tersebar luas, mulai Dari Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Australia, dan Korea.

Tanaman porang juga termasuk tanaman yang sangat mudah untuk ditanam.

Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Edi Santosa, S.P., M.Si., Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB)

"Porang ini tanaman gampang tumbuh. Di naungan (di sela-sela dan di bawah pepohonan atau tumbuhan lain) bagus, di bawah matahari langsung juga bagus," kata Edi seperti dikutip dari Kompas.com (10/4/2021).

Bagaimana cara menanam dan budidaya tanaman porang?

Tanah Harus Diolah

Hasil umbi porang yang ditanam di tanah yang gembur akan tumbuh ke samping dan bisa membulat besar.

Jangan Tanam Terlalu Dalam

Kedalaman yang ideal sekitar 10-15 cm di kedalaman tanah. Jika ditanam terlalu dalam, hasil umbi porang akan memanjang seperti singkong.

Jarak Tanam Jangan Terlalu Rapat

Jika ditanam dengan jarak rapat, maka umbi porang sulit untuk tumbuh besar membulat.

Harus Diberi Pupuk

Pupuk kandang bagus untuk pertumbuhan porang. Akan lebih baik jika petani memberikan 1 kilogram pupuk kandang, hanya sekali selama masa tanam.

Masa tanam porang umumnya dilakukan saat periode musim kemarau hingga awal musim hujan.

Bersihkan Rumput dan Alang-Alang Sekitar Porang

Porang merupakan tanaman yang tetap bisa tumbuh meski tanpa dirawat.

Namun melakukan perawatan seperti membersihkan rumput dan alang-alang yang tumbuh di sekitar tanaman porang bisa membuat hasil panen lebih baik.

Semprot Seperlunya

Selama masa tanam, porang tidak perlu disemprot pestisida secara rutin. Porang perlu disemprot jika berada di tanah yang terlalu lembab dan diserang jamur, serta saat tanah terinfeksi yang bisa mengakibatkan umbi porang juga ikut terinfeksi.

Panen Porang

Porang dapat dipanen setelah enam bulan atau sehabis periode musim kemarau berakhir.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:19
HINGGA SAAT INI, KADIN TUNGGU KONFIRMASI BIO FARMA SOAL KEDATANGAN VAKSIN SINOPHARM UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG    KADIN MENYATAKAN PELAKSANAAN VAKSINASI GOTONG ROYONG BERGANTUNG PADA KETERSEDIAAN VAKSIN COVID-19    JUBIR KEMENHUB ADITA IRAWATI IMBAU MASYARAKAT TAK MUDAH TERGIUR DENGAN TAWARAN TRAVEL GELAP UNTUK MUDIK   DISNAKERTRANS DKI: KEMUNGKINAN PENYEBAB PENINGKATAN KLASTER PERKANTORAN LANTARAN EUFORIA VAKSINASI COVID-19   DONI MONARDO: KASUS COVID-19 DI INDIA MELONJAK KARENA WARGA ABAI PROTOKOL KESEHATAN SAAT RITUAL KEAGAMAAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: 7 PERSEN WARGA INDONESIA BERENCANA MUDIK LEBARAN TAHUN INI MESKI DILARANG   PEMKOT JAKARTA UTARA MEMILIKI SEBANYAK 18 KAMPUNG SIAGA BENCANA (KSB)   PEMPROV PAPUA DORONG DESK PAPUA YANG ADA DI KEMENKO POLHUKAM SEGERA DIAKTIFKAN KEMBALI   MENPAREKRAF: PEMBUKAAN DESTINASI WISATA SELAMA MASA LIBUR LEBARAN WEWENANG PEMERINTAH DAERAH   KABINDA BRIGJEN I GUSTI PUTU DANNY NUGRAHA KARYA AKAN DIBERI KENAIKAN PANGKAT SATU TINGKAT   PRESIDEN JOKOWI SAMPAIKAN DUKACITA ATAS GUGURNYA KEPALA BIN DAERAH PAPUA BRIGJEN I GUSTI PUTU DANNY NUGRAHA KARYA   PEMERINTAH AKAN JAMIN PENDIDIKAN ANAK-ANAK DARI 53 AWAK KRI NANGGALA-402 HINGGA JENJANG S-1   53 AWAK KRI NANGGALA-402 YANG GUGUR AKAN DIBERI KENAIKAN PANGKAT SATU TINGKAT LEBIH TINGGI   PRESIDEN JOKOWI UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS BANTUAN DARI NEGARA SAHABAT YANG MEMBANTU PENCARIAN KRI NANGGALA-402