Kompas TV nasional agama

Picu Bakal Munculnya Kerumunan, Pemerintah Pastikan Larang Takbir Keliling

Senin, 19 April 2021 | 20:16 WIB
picu-bakal-munculnya-kerumunan-pemerintah-pastikan-larang-takbir-keliling
Ilustrasi takbiran malam lebaran Idul Fitri yang pada tahun 2021 ini bakal kembali dilarang pemerintah lantaran masih tingginya kasus penularan Covid-19 di Indonesia. (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sama halnya pada tahun 2020 lalu, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pemerintah melarang adanya kegiatan takbir keliling pada malam Idul Fitri. Pasalnya kasus penularan Covid-19 masih cukup tinggi terjadi di masyarakat.

"Kami juga memberikan pembatasan terhadap kegiatan takbir ini, takbir keliling tidak kita perkenankan," kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya, usai rapat kabinet terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/4/2021).

Gus Yaqut mengatakan pelarangan takbir keliling bukan tanpa alasan. Kegiatan tersebut dinilai berpotensi menimbulkan kerumunan sehingga berpeluang menularkan virus corona.

Baca Juga: Pemkab Jember Larang Takbir Keliling dan Mengimbau Salat Ied di Rumah

Meski begitu, bukan berarti tidak akan ada takbir pada malam Idul Fitri nanti. Gus Yaqut mengungkapkan pemerintah tetap mempersilakan masyarakat menggelar takbir di masjid atau mushala.

Namun, takbir yang digelar di masjid atau mushala pun harus tetap disesuaikan dengan protokol kesehatan (prokes).

"Itu pun tetap dengan pembatasan 50 persen dari kapasitas masjid atau mushala," imbuh dia.

Penulis : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:38
KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN    MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   PEMKAB BANYUMAS IZINKAN OBYEK WISATA TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN DENGAN SYARAT PENERAPAN PROKES KETAT    PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19    DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN    POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN    SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI   KEMENTERIAN PPPA USUL PEREMPUAN LEBIH BANYAK MENERIMA BANTUAN PRESIDEN USAHA MIKRO (BPUM)    KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021   SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU    KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA    WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN    KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK