Kompas TV nasional berita utama

Pak RW di Salatiga Ungkap Rahasia Keberadaan Paul Zhang yang Disebut Pernah Tinggal di Wilayahnya

Kompas.tv - 19 April 2021, 19:55 WIB
pak-rw-di-salatiga-ungkap-rahasia-keberadaan-paul-zhang-yang-disebut-pernah-tinggal-di-wilayahnya
Potret Jozeph Paul Zhang dalam video yang diunggahnya baru-baru ini. Paul Zhang menyebut dirinya sebagai nabi ke-26 dan diketahui pernah tinggal di Kota Salatiga, Jawa Tengah. (Sumber: Youtube/Jozeph Paul Zhang)
Penulis : Gading Persada

SALATIGA, KOMPAS.TV- Jozeph Paul Zhang, seorang YouTuber yang viral lantaran mengganggap dirinya sebagai nabi ke-26 serta menistakan agama Islam disebut-sebut pernah berdomisili di Kota Salatiga medio 2017 lalu.

Di kota berhawa sejuk yang berada di Provinsi Jawa Tengah itu, Paul Zhang kuliah dan dikabarkan tinggal di Perumahan Dliko Indah, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo.

Sayangnya, saat dikonfirmasi, Zainal Abidin yang merupakan Ketua RW 11 Perum Dliko Indah mengaku tak mengenal Jozeph Paul Zhang.

Baca Juga: Polri Gandeng Interpol dan Kemenlu Kejar Joseph Paul Zhang yang Diduga Berada di Jerman

"Saya tinggal di lingkungan sini sejak 1987. Warga yang dimaksud (Paul Zhang) tidak ada. Jika pun mengontrak di data kami pasti ada," kata Zainal Abidin, Senin (19/4/2021).

Meski sudah tinggal di lingkungan tersebut sejak 1987 silam, namun Zainal Abidin baru menjabat ketua RW sejak tahun 2019.

Dia secara personal juga telah menanyai pemilik rumah yang diduga pernah menjadi tempat tinggal Paul Zhang.

Menurut pemilik, kata Zainal Abidin,  rumahnya tidak pernah dikontrakkan kepada siapa pun. Zainal pun terkejut membaca berita yang menyebut lingkungannya pernah ditempati Paul Zhang.

"Total di sini ada 6 RT atau 99 Kepala Keluarga (KK). Setahu saya dulu ditempati seorang pendeta dan sudah meninggal bersama anaknya perempuan. Jadi tidak ada itu (Paul), para tetangga juga saya tanya, pak RT juga," tegas seperti dikutip dari TribunJateng.

Baca Juga: Sempat Kuliah di Salatiga pada 2017, Polisi Bongkar Nama Asli Paul Zhang yang Ternyata Asli Tegal

Soal Jozeph Paul Zhang pernah tinggal di Kota Salatiga sebagaimana disampaikan Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat yang mengatakan berdasar informasi awal, Paul Zhang pernah tinggal di Salatiga bahkan sempat kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta ternama di kota tersebut.

“Pelaku kuliah di jurusan pertanian sekitar tahun 1997. Karena data lama, apakah sampai lulus atau tidak, kami masih koordinasi dengan UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana). Lalu sejak 2012 meninggalkan Salatiga dan melanjutkan kuliah teologi di luar negeri," papar Rahmad di Mapolres Salatiga, Senin (19/4/2021).

Rahmad menjelaskan, berdasar data awal yang dikumpulkan, Jozeph Paul Zhang diketahui bernama asli Paul Sri Mulyono.

Saat kuliah di Salatiga, dia sempat tinggal di Perum Dliko Indah Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Salatiga, dengan status mengontrak rumah.

Baca Juga: Polri Ungkap Keberadaan Jozeph Paul Zhang, Bakal Dideportasi ke Indonesia

Ia menambahkan, yang bersangkutan asli warga Tegal. Kemudian sekira tahun 2017 berdasarkan catatan pernah membuat KTP Kota Salatiga meski tinggal berpindah-pindah.

"Jadi dari data itu ditemukan yang bersangkutan warga Salatiga. Tetapi tahun 2018 sesuai data imigrasi telah meninggalkan Indonesia. Hasil penelusuran kami tidak ada keluarga tinggal di Salatiga, hanya orangtua di Tegal," papar dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x