Kompas TV regional berita daerah

Pengrajin Tenun Ikat Khas Kediri Banjir Pesanan Di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 19 April 2021, 18:01 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Datangnya bulan Ramadan membawa berkah bagi pengrajin kain dan sarung tenun ikat di Kota Kediri. Di bulan suci ini permintaan kain tenun ikat meningkat hingga 20 persen dari hari biasanya.

Sejak pagi hari para pengrajin tenun ikat di kelurahan Bandar Kidul kota Kediri ini selalu sibuk dengan alat tenunnya. Meski dalam kondisi berpuasa, mereka tetap semangat merangkai satu persatu benang menjadi sebuah kain tenun ikat yang indah.

Dalam momen ramadan kali ini permintaan kain tenun ikat khas kediri meningkat hingga 20 persen. Para pengrajin pun harus bekerja ekstra keras agar dapat memenuhi tingginya permintaan pasar.

Sementara itu, selama setahun ini atau sejak pandemi corona kondisi permintaan kain tenun ikat mengalami penurunan drastis. Kini di tengah bulan Ramadan keadaan tersebut mulai membaik dan para pengrajin mampu meraup pendapatan puluhan juta rupiah dalam satu bulan.

Harga kain tenun ikat kediri sendiri, dijual mulai dari 150 hingga 500 ribu rupiah. Selain dijual dalam bentuk kain dan sarung, kain tenun ikat ini juga dibuat menjadi pakaian muslim. Kualitasnya yang bagus membuat tenun ikat khas kediri ini sudah terjual ke berbagai daerah di Indonesia.

#Kediri #Ramadan #Puasa #Tenun #Sarung #BeritaKediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x