Kompas TV regional berita daerah

Es Pleret Kurma, Minuman Tradisional Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Kompas.tv - 19 April 2021, 17:59 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Sebuah kafe di Kota Blitar membuat menu takjil es pleret kurma. Perpaduan segarnya buah kurma dengan manis gurihnya plere, membuat kuliner tersebut jadi salah satu menu andalan buka puasa para muda-mudi.

Es pleret adalah minuman tradisional khas Blitar. Semakin lama keberadaan es pleret semakin sulit dijumpai akibat berkurangnya minat konsumsi warga, terutama anak muda.

Berawal dari situlah, kafe Friend Reborn di Kota Blitar berinisiatif membuat minuman tradisional yang disukai anak muda, yakni es pleret kurma. Minuman ini tidak jauh berbeda dengan es pleret pada umumnya. Hanya saja untuk gula cairnya diganti dengan kurma sebagai pemanis.

Selain lebih segar, penggunaan buah kurma sebagai pemanis alami juga lebih menyehatkan badan. Pemilik kafe juga mengganti santan dengan susu segar agar minuman ini sehat dan nikmat saat dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Rasa gurih pleret yang terbuat dari tepung kanji, berpadu dengan manis buah kurma membuat minuman ini cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Kesegaran susu sebagai pengganti santan juga menambah rasa nikmat dari takjil es pleret kurma ini.

Meski segar dan menyehatkan, namun harga es pleret ini masih ramah di kantong. Satu gelas es pleret kurma dijual dengan harga 8 ribu rupiah saja. Kini minuman tradisional tersebut jadi salah satu andalan menu berbuka puasa yang gemari anak muda di Blitar.

#Blitar #Kurma #Ramadan #Takjil #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x