Kompas TV nasional update

Tempat Wisata Dibuka Saat Liburan, Ini Penjelasan Sandiaga Uno

Senin, 19 April 2021 | 16:05 WIB
tempat-wisata-dibuka-saat-liburan-ini-penjelasan-sandiaga-uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers, Senin (19/4/2021). (Sumber: Youtube Kemenparekraf)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan masyarakat tidak perlu bingung jika ada pariwisata lokal dibuka di tengah adanya larangan mudik oleh pemerintah pusat.

Ia menjelaskan langkah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperbolehkan pariwisata lokal dibuka adalah sebagai bentuk antisipasi bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu libur lebaran karena ada larangan mudik tersebut.

“Mudik tidak diperkenankan, berarti dalam menghabiskan waktu liburan lebaran ini ada alternatif kunjungan (ke tempat wisata) yang dilakukan oleh masyarakat dalam bingkai PPKM skala mikro,” kata Sandiaga dalam video konferensi pers, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Menindaklanjuti Larangan Mudik 2021, Kemenhub Akan Terbitkan Surat Edaran

Namun, meski dibolehkan oleh Kemenparekraf, Sandiaga mengatakan bahwa keputusan akhir ada di pemerintah dan Satgas Covid-19 daerah. Artinya, pemerintah daerah boleh membuka tempat wisata jika angka kasus Covid-19 di daerah tersebut terkendali.

“Keputusan akhir ada di pemerintah setempat dan Satgas setempat. Jika ada peningkatan kasus Covid-19 maka keputusan untuk menutup tempat pariwisata ada di tangan pemerintah setempat,” kata Sandi.

Sandi menilai dengan dibukanya tempat wisata saat libur lebaran bukanlah sebuah masalah melainkan solusi bagi masyarakat yang taat untuk tidak melakukan mudik. Ia percaya, dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dari masyarakat, penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:22
4 DARI 103 WNI YANG DIPULANGKAN DARI TAWAU (MALAYSIA) KE NUNUKAN (KALTARA) POSITIF COVID-19   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP HASIL MUSRENBANG NASIONAL MENGARAH KE PEMULIHAN EKONOMI   SATGAS COVID-19: 900.000 DOSIS VAKSIN SINOPHARM DIGUNAKAN UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   PERINGATI HARI BURUH INTERNASIONAL, KEMENAKER DAN KEMENKES VAKSINASI 1.000 PEKERJA   PT KAI: KERETA JARAK JAUH HANYA UNTUK PERJALANAN MENDESAK ATAU UNTUK KEPENTINGAN NONMUDIK   DISHUB SLEMAN, DIY, JAGA KETAT JALAN DI PERBATASAN DAN JALUR ALTERNATIF SELAMA 24 JAM SAAT LARANGAN MUDIK   SATGAS COVID-19: MOBILITAS PENDUDUK KE PUSAT PERBELANJAAN NAIK DI 6 PROVINSI DALAM 3 PEKAN TERAKHIR   ANTISIPASI COVID-19, SURAT PEMKOT SURABAYA: MAL HANYA BOLEH DIKUNJUNGI 50% DARI KAPASITAS   SURAT EDARAN MENDAGRI: ASN DAN PEJABAT DILARANG GELAR "OPEN HOUSE" ATAU HALAL BIHALAL SAAT IDUL FITRI   WAKIL BUPATI NONAKTIF OGAN KOMERING ULU, SUMSEL, JOHAN ANUAR DIVONIS 8 TAHUN PENJARA ATAS KASUS KORUPSI LAHAN KUBURAN   KPK SITA SEJUMLAH BARANG DALAM PENGGELEDAHAN RUMAH PRIBADI WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DI 3 LOKASI   KEMENPAN DAN RB SERTA BKN TIDAK TERLIBAT DALAM PROSES TES WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP 1.349 PEGAWAI KPK   JADI TERSANGKA, MANTAN DIREKTUR DITJEN PAJAK ANGIN PRAYITNO AJI DITAHAN KPK   1 DARI 6 TERSANGKA KASUS DUGAAN SUAP DALAM PEMERIKSAAN PAJAK ADALAH MANTAN DIREKTUR ANGIN PRAYITNO AJI