Kompas TV regional berita daerah

Berkah Ramadhan Di Kampung Kolang - Kaling

Senin, 19 April 2021 | 15:40 WIB

CIANJUR, KOMPAS.TV - Kampung Caruluk, begitulah sebutan bagi Kampung Kedung Hilir, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang setiap tahunnya menjadi tempat pembuatan kolang-kaling musiman. Di tempat ini ada sekitar dua puluh pengrajin kolang kaling, yang memproduksi bahan makanan khas Bulan Suci Ramadhan, disetiap tahunnya.

Para Pengrajin kolang-kaling biasanya banjir pesanan dari sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Cianjur, maupun pesanan dari luar daerah, seperti, Bogor, Tanggerang dan Jakarta.

Sementara setiap bulan Ramadhan, kolang kaling kerap dijadikan bahan makanan dalam pembuatan kolak, manisan, ataupun es campur, sebagai menu pelengkap saat berbuka puasa. Untuk itu, bulan Ramadhan selalu menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin kolang-kaling musiman di kampung ini.

Berbandingan harga kolang kaling dengan bulan Ramadhan tahun lalu. Harga kolang kaling tahun ini mengalami penurunan. Biasanya pengrajin menjual per kilo dengan harga lima belas ribu, untuk jenis kolang kaling super. Sementara di Bulan Ramadhan kali ini, pengrajin menjual perkilonya dengan harga sepuluh ribu rupiah.

Penulis : KompasTV Sukabumi





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:52
PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENAIKKAN PANGKAT 56 PERWIRA TINGGI   MALAYSIA BERLAKUKAN KEBIJAKAN BARU PEMBATASAN GERAK "LOCKDOWN" NASIONAL MULAI BESOK HINGGA 7 JUNI 2021   KEMENAG MENETAPKAN IDUL FITRI ATAU 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH JATUH PADA KAMIS, 13 MEI 2021    DISPERINDAG SEBUT STOK PANGAN DI TANGSEL AMAN JELANG LEBARAN MESKI HARGA NAIK   PEMKOT TANGSEL MEMINTA MASYARAKAT TAK GELAR ACARA HALALBIHALAL SAAT IDUL FITRI   KETUA KPK FIRLI BAHURI TEGASKAN PIHAKNYA TAK PERNAH PECAT PEGAWAI YANG TIDAK LOLOS TWK   KABUPATEN MAGELANG MASUK ZONA ORANYE, SEMUA OBYEK WISATA TUTUP SELAMA LIBUR LEBARAN    BKN: PEGAWAI KPK YANG PENUHI SYARAT TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) AKAN DILANTIK 1 JUNI 2021   SATGAS SEBUT DAERAH BERSTATUS ZONA ORANYE, MAYORITAS BERADA DI PROVINSI YANG MENJADI TUJUAN MUDIK   SATGAS: SAAT INI ADA 12 DAERAH BERSTATUS ZONA MERAH DAN 324 DAERAH BERSTATUS ZONA ORANYE COVID-19   HINGGA 11 MEI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.723.596 ORANG, 1.580.207 SEMBUH, DAN 47.465 MENINGGAL DUNIA   SATGAS COVID-19 MINTA PANITIA SHALAT IDUL FITRI CARI TAHU INFORMASI SOAL STATUS ZONASI RT DI DOMISILI MASING-MASING    SATGAS COVID-19 INGATKAN SHALAT IDUL FITRI BERJEMAAH DI LUAR RUMAH HANYA UNTUK WILAYAH ZONA KUNING DAN HIJAU   KEMENKES: JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA MENCAPAI 8.888.529 ORANG