Kompas TV regional berita daerah

Berkah Ramadhan Di Kampung Kolang - Kaling

Kompas.tv - 19 April 2021, 15:40 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV - Kampung Caruluk, begitulah sebutan bagi Kampung Kedung Hilir, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang setiap tahunnya menjadi tempat pembuatan kolang-kaling musiman. Di tempat ini ada sekitar dua puluh pengrajin kolang kaling, yang memproduksi bahan makanan khas Bulan Suci Ramadhan, disetiap tahunnya.

Para Pengrajin kolang-kaling biasanya banjir pesanan dari sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Cianjur, maupun pesanan dari luar daerah, seperti, Bogor, Tanggerang dan Jakarta.

Sementara setiap bulan Ramadhan, kolang kaling kerap dijadikan bahan makanan dalam pembuatan kolak, manisan, ataupun es campur, sebagai menu pelengkap saat berbuka puasa. Untuk itu, bulan Ramadhan selalu menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin kolang-kaling musiman di kampung ini.

Berbandingan harga kolang kaling dengan bulan Ramadhan tahun lalu. Harga kolang kaling tahun ini mengalami penurunan. Biasanya pengrajin menjual per kilo dengan harga lima belas ribu, untuk jenis kolang kaling super. Sementara di Bulan Ramadhan kali ini, pengrajin menjual perkilonya dengan harga sepuluh ribu rupiah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.