Kompas TV klik360 sinau

Mengapa Burung Hantu disebut Burung Hantu? Ini Penjelasannya...

Senin, 19 April 2021 | 15:30 WIB

KOMPAS.TV - Tahukah kamu mengapa burung hantu disebut burung hantu?

Burung hantu adalah jenis burung dengan ciri fisik yang unik. Nama hantu diberikan karena burung hantu adalah makhluk nokturnal, yaitu makhluk yang bergerak aktif di malam hari.

Burung hantu memiliki ciri fisik yang khas yaitu mata besar yang berada di depan.

Selain itu, yang khas dari burung hantu adalah bagian lehernya dapat berputar hingga 270 derajat sehingga terlihat dapat berputar ke belakang.

Hal ini bisa terjadi karena burung hantu memiliki 14 tulang leher dan lubang tulang belakang 10 kali lebih besar dari arteri, sehingga terdapat banyak ruang untuk bergerak.

Dengan kelebihan ini, burung hantu dapat menoleh ke balik punggungnya, mengganti peran matanya yang tidak bisa bergerak leluasa.

Burung hantu juga memiliki kemampuan terbang tanpa suara. Hal ini disebabkan sayap dan bulu burung hantu didesain untuk terbang tanpa suara (silent flight).

Bulu utama burung hantu memiliki bentuk bergerigi seperti sisir, sehingga dapat memecah turbulensi udara agar tidak menghasilkan suara.

Burung hantu memiliki bulu sekunder yang sangat lembut untuk menyerap desiran suara dari kepakan sayap.

Mekanisme sayap ini kemudian membuat burung hantu dapat terbang dengan kecepatan hampir 40 mil per jam tanpa suara sedikitpun.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:33
GUNAKAN MYPERTAMINA DAPATKAN POIN GANDA UNTUK PEMBELIAN PERTAMAX SERIES, PERTAMINA DEX TGL 19-20 APRIL 2021   PRESIDEN PERANCIS DAN PM INGGRIS MENENTANG LIGA SUPER EROPA YANG DIPROYEKSIKAN PENGGANTI LIGA CHAMPIONS MILIK UEFA   HONG KONG TANGGUHKAN PENERBANGAN DARI INDIA, PAKISTAN, DAN FILIPINA AKIBAT COVID-19   KPU SIAP JALANKAN PUTUSAN MK SOAL PERKARA PERSELISIHAN HASIL PEMILIHAN (PHP) KABUPATEN SABU RAIJUA, NTT   DPR MINTA PEMERINTAH PERBAIKI BENDUNGAN KAMBANIRU DI SUMBA TIMUR, NTT, YANG RUSAK AKIBAT SIKLON SEROJA   KAPOLDA PAPUA: KKB DIDUGA MELAKUKAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK-ANAK   POLDA SUMATERA UTARA LAKUKAN PENYEKATAN DI PERBATASAN ANTISIPASI PEMUDIK   BANDARA RAJA HAJI FISABILILLAH TANJUNGPINANG, KEPULAUAN RIAU, LAYANI TES COVID-19 GENOSE   DISDIK KOTA MALANG: 85% SEKOLAH DI KOTA MALANG MULAI PEMBELAJARAN TATAP MUKA   SELURUH AKTIVITAS DI SMAN 1 GONDANG, SRAGEN, DIHENTIKAN SELAMA 14 HARI SETELAH 3 GURU MENINGGAL AKIBAT COVID-19   POLDA METRO JAYA PERIKSA 6 SAKSI ATAS KASUS PENGEROYOKAN ANGGOTA TNI-POLRI DI KEBAYORAN BARU, JAKSEL   TOL LAYANG JAPEK YANG BERGANTI NAMA JADI MOHAMMED BIN ZAYED (MBS) DITUTUP SEMENTARA SAAT LARANGAN MUDIK BERLAKU   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT PARTISIPASI WARGA LANSIA DALAM VAKSINASI COVID-19 RENDAH KARENA BANYAK YANG TAKUT   POLISI AKAN GELAR OLAH TKP SELIDIKI SEBAB KEBAKARAN DI TAMANSARI, JAKARTA BARAT