Kompas TV nasional hukum

Sidang Rizieq Shihab, Camat Megamendung: 20 Orang Reaktif Covid-19 Setelah Kerumunan

Senin, 19 April 2021 | 16:39 WIB
sidang-rizieq-shihab-camat-megamendung-20-orang-reaktif-covid-19-setelah-kerumunan
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur melanjutkan sidang kasus kerumunan yang terjadi di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Puncak, Kabupaten Bogor dengan terdakwa Rizieq pada hari ini, Senin (19/4/2021). (Sumber: KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Camat Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Endi Rismawan menyebut, ada 20 orang yang reaktif Covid-19 setelah adanya kerumunan menyambut Rizieq Shihab di Megamendung, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (13/11/2020) lalu.

Hal itu disampaikan Endi saat hadir sebagai salah satu saksi dalam kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, dengan terdakwa Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (19/4/2021).

"Kalau dilihat dari kegiatan yang dilakukan oleh tingkat kecamatan dengan melaksanakan rapid test, itu dari kegiatan itu ada 20 yang reaktif," kata Endi, dikutip dari Kompas.com.

Namun, Endi melanjutkan, 20 orang yang reaktif itu kemudian dilakukan pemeriksaan swab PCR di mana ditemukan hanya satu orang di antaranya positif Covid-19.

"Tapi pada prinsipnya setelah di-PCR itu hanya satu orang (yang positif)," ujar Endi.

Berdasarkan dari hasil rapid test yang dilakukan, Endi menilai tidak ada peningkatan kasus Covid-19 setelah adanya kerumunan.

"Secara umum itu tidak ada peningkatan kalau dari tadi hasil rapid test yang dilakukan berturut-turut," kata dia.

Dalam kasus ini, Rizieq didakwa telah menghalang-halangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan terkait kasus kerumunan di Megamendung.

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:10
MENPAREKRAF SANDIAGA UNO SIAPKAN DANA HIBAH RP 3,7 TRILIUN UNTUK BANTU PENGEMBANGAN PARIWISATA DI NTB   WAPRES MA'RUF AMIN USUL PEMBELAJARAN TENTANG WAKAF DIMASUKKAN KE DALAM KURIKULUM SEKOLAH   KETUA BKN: KEBIJAKAN TERHADAP 75 TMS AKAN DISAMPAIKAN LANGSUNG OLEH PIMPINAN KPK KEPADA YANG BERSANGKUTAN   BKN SEBUT KPK AKAN SAMPAIKAN KEPUTUSAN ATAS NASIB 75 PEGAWAI YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT (TMS) USAI MENGIKUTI TWK   PEMKAB SABU RAIJUA ALOKASIKAN RP 1,9 MILIAR UNTUK BIAYA PENYELENGGARAAN PENGAWASAN PEMUNGUTAN SUARA ULANG   ANGKASA PURA II: PENIADAAN MUDIK BERJALAN OPTIMAL, PENERBANGAN TURUN 90 PERSEN   JELANG IDUL FITRI, KKP SIAPKAN STIKER KHUSUS UNTUK JAMIN KELANCARAN LOGISTIK SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN   KKP AKAN PERCEPAT KAJIAN PENERAPAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK DENGAN SKEMA PASCAPRODUKSI   DENSUS 88 ANTITEROR POLRI TANGKAP BURON TERORIS YUSUF ISKANDAR ALIAS JERRY DI SUKABUMI, JABAR   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: JIKA MUTASI VIRUS KORONA DIBIARKAN, BISA BERDAMPAK BURUK BAGI PENANGANAN PANDEMI   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: TEMPAT WISATA YANG BUKA SAAT LEBARAN WAJIB BATASI PENGUNJUNG DAN JAM OPERASIONAL   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO MINTA MASYARAKAT TAK LAGI MEMBUAT KERUMUNAN DI MASA PANDEMI   SATGAS MINTA LARANGAN ASN DAN PEJABAT GELAR "OPEN HOUSE" IDUL FITRI SEGERA DITIDAKLANJUTI KEPALA DAERAH   KETUA SATGAS DONI MONARDO: KALAU TAK HATI-HATI, KASUS COVID-19 BISA TIBA-TIBA MELEDAK