Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Larang Perbankan AS Beli Surat Utang Rusia

Senin, 19 April 2021 | 16:06 WIB
joe-biden-larang-perbankan-as-beli-surat-utang-rusia
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (Sumber: AP Photo/Andrew Harnik)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden melarang perbankan AS membeli atau berpartisipasi dalam penjualan surat utang bank sentral Rusia. Menteri Keuangan AS Janet Yellen menyatakan, larangan tersebut efektif berlaku mulai 14 Juni 2020.

"Presiden menandatangani otoritas baru yang luas ini untuk menghadapi perilaku jahat Rusia yang terus berkembang dan terus meningkat," kata Yellen seperti dikutip dari CNN Business, Senin (19/1/2021).

Larangan tersebut menandai peningkatan sanksi AS terhadap Rusia. AS berupaya mempersulit Rusia dalam mencari pemodalan lewat surat utang atau obligasi. Akibat larangan tersebut, mata uang Rusia, rubel, anjlok hampir 1% dan pasar saham Rusia pun terguncang.

Baca Juga: Aksi Balasan Pengusiran Diplomat Kembali Dilakukan Rusia, Kali Ini 20 Diplomat Ceko Diusir

Langkah serupa sebenarnya juga sudah dilakukan Donald Trump saat menjabat sebagai Presiden AS. Pada Agustus 2019 lalu, Donald Trump melarang bank-bank AS berpartisipasi dalam obligasi berdenominasi non-rubel yang diterbitkan Pemerintah Rusia. Trump juga melarang AS meminjamkan dana non-rubel ke Rusia.

Biden melanjutkan komitmen Trump dan memperluas pembatasan tersebut dengan larangan membeli surat utang dalam mata uang rubel, termasuk larangan memberi pinjaman dalam mata uang rubel.

Bank asing yang berada di AS juga akan terkena sanksi jika melakukan pembelian atau berpartisipasi dalam obligasi Rusia.

Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:35
TINJAU LARANGAN MUDIK DI PELABUHAN MERAK, KETUA DPR PUAN MAHARANI MINTA DISTRIBUSI LOGISTIK JANGAN TERGANGGU   KADISDIK DKI JAKARTA: SELURUH PROSES PPDB TAHUN AJARAN BARU 2021/2022 DILAKSANAKAN SECARA DARING   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI MINTA MASYARAKAT BERHATI-HATI TERKAIT PERMINTAAN DANA YANG MENGATASNAMAKAN KPK   KOMNAS PEREMPUAN MINTA AKSES LANGSUNG KE BKN UNTUK KAJI PERTANYAAN TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) KPK   JUMLAH PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA SOEKARNO-HATTA TURUN HINGGA 90 PERSEN SELAMA LARANGAN MUDIK LEBARAN   WAKIL KETUA DPR MUHAIMIN ISKANDAR MINTA PEMERINTAH TOLAK SEMUA WNA YANG MASUK KE INDONESIA DI TENGAH LARANGAN MUDIK   SATPOL PP DKI IMBAU PARA PEDAGANG PASAR TANAH ABANG TAK BERJUALAN DI ATAS TROTOAR JALAN UNTUK CEGAH KERUMUNAN   WALI KOTA JAKPUS DHANY SUKMA MEMPREDIKSI JELANG LEBARAN PASAR TANAH ABANG AKAN SEMAKIN BANYAK PENGUNJUNG   KEMENKES: PEMBAYARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN MASIH DALAM PROSES   CEGAH KLASTER BARU COVID-19, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH LARANG KERUMUNAN JELANG LEBARAN   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN LOKASI WISATA DI WILAYAH ZONA MERAH HARUS DITUTUP SAAT LIBUR LEBARAN   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA PENYEKATAN MUDIK JELANG LEBARAN DIPERKETAT   KEMENKES: SEBANYAK 1.499.707 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS PERTAMA DAN 1.364.543 DOSIS KEDUA   KEMENKES: HINGGA 9 MEI 2021, JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA MENCAPAI 8.634.546 ORANG