Kompas TV regional berita daerah

Sabun Mandi Dari Susu Kambing Etawa

Kompas.tv - 19 April 2021, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Susu kambing etawa biasanya hanya dibuat yogurt dan keju, namun kali ini warga di Bubakan, Pakuncen, Kota Semarang mempunyai inovasi lain. Susu kambing ternyata dapat dibuat menjadi sabun mandi. Proses pembuatan sabun ini terbilang sangat sederhana.

Ide awal pembuatan sabun mandi dari susu kambing etawa ini, saat warga kesulitan pemasaran susu kambing etawa di tengah pandemi. Akibatnya banyak stok susu kambing yang tersisa. Padahal susu kambing etawa ini tidak bertahan lama. Akhirnya wargapun berinovasi. Mereka yang biasa membuat yogurt dan keju, kini membuat olahan susu kambing etawa menjadi sabun mandi batangan.

Menurut Zaidi, koordinator pembuatan susu kambing etawa, proses pembuatan sabun ini sangat sederhana. Bahan baku susu dicampur dengan minyak goreng dan serbuk soda api, kemudian diberi sedikit air. Selanjutnya diaduk sampai rata, dituangkan ke dalam cetakan dan didiamkan selama satu hari. Sementara untuk pemakaian olahan sabun dapat digunakan setelah didiamkan selama dua minggu, baru kemudian dipotong-potong dan dikemas.

Sementara itu Pemerintah Kota Semarang, mendukung langkah inovasi tersebut namun perlu adanya pemberdayaan olahan pengemasan yang lebih bagus dan menarik agar bisa diterima di pertokoan dan hotel. Sabun susu kambing etawa ini ternyata berfungsi untuk memutihkan dan melembabkan kulit tubuh, sangat cocok digunakan untuk memasuki musim kemarau ini. 

 #SabunMandi #SusuKambingEtawa #SabunSusu

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.