Kompas TV regional berita daerah

Sabun Mandi Dari Susu Kambing Etawa

Senin, 19 April 2021 | 14:13 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Susu kambing etawa biasanya hanya dibuat yogurt dan keju, namun kali ini warga di Bubakan, Pakuncen, Kota Semarang mempunyai inovasi lain. Susu kambing ternyata dapat dibuat menjadi sabun mandi. Proses pembuatan sabun ini terbilang sangat sederhana.

Ide awal pembuatan sabun mandi dari susu kambing etawa ini, saat warga kesulitan pemasaran susu kambing etawa di tengah pandemi. Akibatnya banyak stok susu kambing yang tersisa. Padahal susu kambing etawa ini tidak bertahan lama. Akhirnya wargapun berinovasi. Mereka yang biasa membuat yogurt dan keju, kini membuat olahan susu kambing etawa menjadi sabun mandi batangan.

Menurut Zaidi, koordinator pembuatan susu kambing etawa, proses pembuatan sabun ini sangat sederhana. Bahan baku susu dicampur dengan minyak goreng dan serbuk soda api, kemudian diberi sedikit air. Selanjutnya diaduk sampai rata, dituangkan ke dalam cetakan dan didiamkan selama satu hari. Sementara untuk pemakaian olahan sabun dapat digunakan setelah didiamkan selama dua minggu, baru kemudian dipotong-potong dan dikemas.

Sementara itu Pemerintah Kota Semarang, mendukung langkah inovasi tersebut namun perlu adanya pemberdayaan olahan pengemasan yang lebih bagus dan menarik agar bisa diterima di pertokoan dan hotel. Sabun susu kambing etawa ini ternyata berfungsi untuk memutihkan dan melembabkan kulit tubuh, sangat cocok digunakan untuk memasuki musim kemarau ini. 

 #SabunMandi #SusuKambingEtawa #SabunSusu

 

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:42
KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN    MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   PEMKAB BANYUMAS IZINKAN OBYEK WISATA TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN DENGAN SYARAT PENERAPAN PROKES KETAT    PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19    DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN    POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN    SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI   KEMENTERIAN PPPA USUL PEREMPUAN LEBIH BANYAK MENERIMA BANTUAN PRESIDEN USAHA MIKRO (BPUM)    KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021   SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU    KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA    WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN    KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK