Kompas TV internasional kompas dunia

Ekspor Jepang pada Maret 2021 Naik 16,1 Persen, Tertinggi dalam 3 Tahun

Senin, 19 April 2021 | 13:23 WIB
ekspor-jepang-pada-maret-2021-naik-16-1-persen-tertinggi-dalam-3-tahun
Ilustrasi aktivitas ekspor-impor Jepang (Sumber: AFP via Japan Times )

TOKYO, KOMPAS.TV- Kementerian Keuangan Jepang mengumumkan ekspor negaranya meningkat 16,1 persen pada bulan Maret lalu. Ini peningkatan ekspor tertinggi Jepang pada tiga tahun terakhir, menandai pemulihan ekonomi Jepang selama pandemi Covid-19.

Kenaikan ekspor Jepang, disumbang oleh melonjaknya ekspor ke Cina sebesar 37,2 persen pada kuartal pertama 2021. Cina adalah Mitra dagang utama Jepang selama ini. Komoditas ekspor Jepang ke Cina yang meningkat adalah logam non-ferrous dan bahan plastik, serta mesin semikonduktor.

Baca Juga: Ekonomi China Tumbuh 18,3% di Kuartal I 2021

Ekspor Jepang ke Amerika Serikat juga meningkat, walaupun tak setinggi ke Cina. Ekspor ke AS naik 4,9 persen, yang merupakan kenaikan pertama dalam lima bulan terakhir. Peningkatan itu ditopang oleh naiknya permintaan mobil dan mesin konstruksi seperti buldoser produksi Jepang.

Baca Juga: Ekonomi Vietnam dan Singapura Tumbuh Positif di Kuartal I 2021

Secara keseluruhan, ekspor Jepang ke Asia naik 22,4 persen, sedangkan pengiriman ke Uni Eropa tumbuh 12,8 persen di bulan Maret. Tapi impor Jepang juga naik 5,7 persen pada Maret dibanding periode yang sama tahun 2020.

Dengan catatan tersebut, neraca perdagangan Jepang pun surplus 663,7 miliar yen setara US$ 6,11 miliar di bulan Maret 2021. 

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:05
SEBANYAK 40 ORANG TERLUKA DAN 6 LAINNYA HILANG AKIBAT DITERJANG ANGIN TOPAN DI WUHAN, TIONGKOK   KEMENHUB SIAPKAN POS TES USAP ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI DAN GILIMANUK ANTISIPASI ARUS BALIK   ANTISIPASI ARUS BALIK, SATGAS COVID-19 SIAPKAN 200.000 ALAT TES CEPAT KORONA ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI   BUPATI KEDIRI HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA TANGKAP BASAH CAMAT PURWOASRI YANG MINTA THR KE TIAP DESA   GERBANG TOL CILEGON BARAT DAN CILEGON TIMUR DITUTUP SEMENTARA UNTUK PERLAMBAT ARUS KENDARAAN MENUJU ANYER   ARUS LALU LINTAS DI TOL TANGERANG-MERAK DIALIHKAN IMBAS KEMACETAN MENUJU PANTAI ANYER   KADIN AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI GOTONG ROYONG SETELAH IDUL FITRI   SEBANYAK 8 ORANG TEWAS DALAM KECELAKAAN SELAMA MASA OPERASI KETUPAT KRAKATAU 2021 DI LAMPUNG   ANGGOTA DPRD KABUPATEN ENDE, NTT, RIBERU KANISIUS, MENINGGAL DUNIA   GUBERNUR KALIMANTAN BARAT: SAAT INI TERDAPAT LEBIH DARI 1.000 KASUS COVID-19 AKTIF DI KALBAR   GUBERNUR KALBAR MENDUGA BEREDARNYA SURAT PALSU BEBAS COVID-19 JADI SEBAB MENINGKAT KASUS DI WILAYAHNYA   GUBERNUR JAWA TIMUR: INFORMASI SOAL JATIM ALAMI LEDAKAN KASUS COVID-19 ADALAH HOAKS   POLISI TANGKAP PERUSAK PAGAR TPU UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR   POLRES CIANJUR, JABAR, TUTUP JALUR MENUJU PUNCAK-CIPANAS MULAI DARI BUNDARAN TUGU LAMPU GENTUR "BY-PASS"-CIANJUR