Kompas TV nasional update

Uji Klinis di RSPAD Gatot Subroto, Vaksin Nusantara Bukan Program TNI

Senin, 19 April 2021 | 13:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di tengah kontroversi pengembangan vaksin nusantara yang dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, pihak TNI Angkatan Darat menegaskan vaksin nusantara bukanlah program dari TNI.

Menurut Kapuspen, Vaksin Nusantara bukanlah program TNI. Namun demikian, TNI akan tetap mendukung dengan beberapa catatan.

"Program Vaksin Nusantara bukanlah program dari TNI. Namun demikian, sesuai program dari Pemerintah terkait berbagai bentuk inovasi dalam negeri seperti vaksin dan obat-obatan untuk menanggulangi Covid-19, maka TNI akan selalu mendukungnya dengan catatan," ungkap Riad.

TNI angkatan darat mendukung pengembangan vaksin Covid-19 asalkan memenuhi persyaratan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pihak TNI Angkatan Darat juga menegaskan akan mengatur penggunaan fasilitas dan tenaga ahli RSPAD Gatot Subroto dalam praktik pengujian vaksin nusantara dengan perjanjian kerja sama agar tidak mengganggu operasional rumah sakit.

Penelitian vaksin dendritik yang diberi nama vaksin nusantara ini sebelumnya dilakukan di RSUP Kariadi Semarang, sebelum dilanjutkan di RSPAD Gatot Subroto.

Namun kini BPOM masih menunggu perbaikan dari hasil uji klinik tahap I.

Penelitian vaksin nusantara menjadi polemik setelah para peneliti bersikukuh melanjutkan tahapan penelitian ke uji klinik tahap II meski tidak mengantongi izin BPOM.
 

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:53
SEBANYAK 40 ORANG TERLUKA DAN 6 LAINNYA HILANG AKIBAT DITERJANG ANGIN TOPAN DI WUHAN, TIONGKOK   KEMENHUB SIAPKAN POS TES USAP ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI DAN GILIMANUK ANTISIPASI ARUS BALIK   ANTISIPASI ARUS BALIK, SATGAS COVID-19 SIAPKAN 200.000 ALAT TES CEPAT KORONA ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI   BUPATI KEDIRI HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA TANGKAP BASAH CAMAT PURWOASRI YANG MINTA THR KE TIAP DESA   GERBANG TOL CILEGON BARAT DAN CILEGON TIMUR DITUTUP SEMENTARA UNTUK PERLAMBAT ARUS KENDARAAN MENUJU ANYER   ARUS LALU LINTAS DI TOL TANGERANG-MERAK DIALIHKAN IMBAS KEMACETAN MENUJU PANTAI ANYER   KADIN AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI GOTONG ROYONG SETELAH IDUL FITRI   SEBANYAK 8 ORANG TEWAS DALAM KECELAKAAN SELAMA MASA OPERASI KETUPAT KRAKATAU 2021 DI LAMPUNG   ANGGOTA DPRD KABUPATEN ENDE, NTT, RIBERU KANISIUS, MENINGGAL DUNIA   GUBERNUR KALIMANTAN BARAT: SAAT INI TERDAPAT LEBIH DARI 1.000 KASUS COVID-19 AKTIF DI KALBAR   GUBERNUR KALBAR MENDUGA BEREDARNYA SURAT PALSU BEBAS COVID-19 JADI SEBAB MENINGKAT KASUS DI WILAYAHNYA   GUBERNUR JAWA TIMUR: INFORMASI SOAL JATIM ALAMI LEDAKAN KASUS COVID-19 ADALAH HOAKS   POLISI TANGKAP PERUSAK PAGAR TPU UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR   POLRES CIANJUR, JABAR, TUTUP JALUR MENUJU PUNCAK-CIPANAS MULAI DARI BUNDARAN TUGU LAMPU GENTUR "BY-PASS"-CIANJUR