Kompas TV regional berita daerah

Lapak Ganjar Bantu Bangkitkan UMKM di Era Pandemi

Kompas.tv - 19 April 2021, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Wabah Covid-19 yang melanda lebih dari satu tahun membuat sebagian besar pelaku umkm harus bekerja keras untuk mempertahankan usahanya. Jatuh bangun dilakukan UMKM agar produknya bisa menemukan pasar dan pembeli. Salah satu jalan adalah dengan memasarkan lewat media sosial, itupun memerlukan biaya yang tidak sedikit jika ingin mengundang banyak pembeli.

Untuk bisa mengundang banyak pembeli, maka membayar endorsman dari selebgram atau sekelas artis, bisa dilakukan, namun harus mengeluarkan kocek hingga puluhan juta rupiah, yang tentu saja biaya tersebut tidak terjangkau untuk kalangan UMKM.

Berbeda dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Jawa Tengah. Mereka justru mendapat endorse gratis dari akun Gubernur, Ganjar Pranowo. Caranya cukup memposting produknya di story instragam dengam mention akun @ganjar_pranowo (at ganjar undescore pranowo). Program yang sudah berjalan 10 bulan ini diberi nama Lapak Ganjar.

Pelaku UMKM langsung antusias memanfaatkan program Ganjar. Maklum dengan follower ganjar yang sudah 3,4 juta, maka peluang produknya dikenal pasar akan semakin besar. Sejumlah pelaku UMKM telah merasakan efek positif Lapak Ganjar. Pelan-pelan keuangan mereka bangkit, setelah sempat mati suri akibat pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah Sunardi, pemilik mbok lanjar mini cafe di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Usaha yang dirintis sejak 2013 silam itu sempat berkembang pesat, dalam satu bulan omzetnya reta-rata mencapai 15 juta rupiah.

Namun, Ardi begitu ia akrab disapa harus menelan pil pahit setelah Covid-19 mewabah. Usaha yang menyajikan makanan lokal inovatif itu nyaris gulung tikar, bahkan ia terpaksa memangkas 50 persen jumlah karyawannya. Kini, mbok lanjar bangkit dan kembali memproduksi makanan khas berbahan baku asli Klaten, seperti pisang sale, susu goreng, kopi dan berbagai sajian lainnya.

Tak hanya Sunardi, pelaku UMKM lain, Bayu Dwi Hartono, pemilik kerajinan logam @bayufist_art.co kabupaten boyolali ini juga mengaku terbantu dengan adanya Lapak Ganjar. Sejak memposting produknya di Lapak Ganjar, usahanya semakin dikenal luas.

Sunardi dan Bayu adalah sebagian kecil dari UMKM yang telah merasakan manfaat dan terbantu dengan adanya lapak ini. Setelah ikut dipromosikan oleh akun lapak Ganjar, kini omzet meningkat dan pembeli datang dari berbagai kalangan.

#LapakGanjar #UMKM #Covid19

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x