Kompas TV nasional update corona

Terpapar Covid-19 Meski Sudah Dua Kali Vaksin, Ini Penjelasan Kementerian Kesehatan

Senin, 19 April 2021 | 10:40 WIB
terpapar-covid-19-meski-sudah-dua-kali-vaksin-ini-penjelasan-kementerian-kesehatan
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi, M. Epid (Sumber: dinkes.acehprov.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan alasan penerima vaksin masih bisa terjangkit virus Covid-19.

Hal ini terjadi karena efikasi atau presentase penurunan kejadian penyakit pada kelompok orang yang sudah divaksinasi tidak mencapai 100 persen.

"Selama masa pandemi, kemungkinan penularan akan tetap terjadi. Semua vaksin memiliki efikasi 65 sampai 95 persen, tidak ada yang 100 persen.  Artinya, risiko kita menjadi sakit sudah turun lebih dari 50 persen," terang Siti Nadia Tarmidzi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga: Kemenkes: Per 12 April 2021, Tercatat 10,18 Juta Orang Sudah Diberikan Vaksinasi Covid-19

Menurut Siti Nadia yang juga menjabat sebagai Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan ini, vaksin hanya untuk mencegah agar tidak terjadi gejala berat dan kematian.

Berdasar paparannya, semua vaksin dapat mencegah gejala berat sampai dengan 90 persen, dan mencegah kematian lebih dari 95 persen.

Hal ini diungkapkannya saat menanggapi Istri Gubernur Bandung Jawa Barat, Atalia Praratya yang tetap positif Covid-19 meskipun sudah melakukan vaksinasi sebanyak dua kali.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:42
AS MENGANCAM RUSIA JIKA TOKOH OPOSISI RUSIA, ALEXEI NAVALNY, MENINGGAL DUNIA DALAM PENJARA   AKSI MOGOK MAKAN YANG DILAKUKAN ALEXEI NAVALNY MENUNTUT PERAWATAN NYERI PUNGGUNG DAN KAKINYA YANG MATI RASA   LAKUKAN AKSI MOGOK MAKAN SEJAK 31 MARET 2021, OPOSISI RUSIA ALEXEI NAVALNY DALAM KEADAAN KRITIS   PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON: SERTIFIKAT VAKSIN EROPA TENGAH DIKEMBANGKAN DALAM TAHAP AKHIR   PERANCIS AKAN CABUT PEMBATASAN PERJALANAN DENGAN NEGARA NON-UNI EROPA PADA MEI 2021   BNN GAGALKAN PENGIRIMAN 89 KG SABU YANG HENDAK DIPASOK MELALUI PELABUHAN BAJOE, KABUPATEN BONE, SULSEL   KEJARI TIMOR TENGAH UTARA, NTT, MENAHAN HERMINIGILDUS TOB KARENA KASUS DUGAAN KORUPSI DANA DESA SEBESAR RP 800 JUTA   KEJARI TIMOR TENGAH UTARA, NTT, TEMUKAN UANG 300 DOLLAR AS SAAT GELEDAH RUMAH KEPALA DESA NAEKAKE B, HERMINIGILDUS TOB   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: JANGAN SAMPAI VAKSINASI COVID-19 BUAT KITA EUFORIA DAN TAK WASPADA   PT KAI DAOP I JAKARTA: JUMLAH PENUMPANG KERETA API DARI JAKARTA TUJUAN KE BERBAGAI KOTA DI JAWA TERPANTAU NORMAL   KEMENHUB BAKAL MENERBITKAN SURAT EDARAN SOAL LARANGAN MUDIK LEBARAN   MENKES MINTA PERDEBATAN SOAL VAKSIN NUSANTARA BERJALAN SECARA ILMIAH DAN TIDAK POLITIS   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN MINTA MASYARAKAT WASPADAI TRANSMISI LOKAL VARIAN VIRUS KORONA B117   HINGGA SAAT INI PROGRES PENGEMBANGAN STASIUN BEKASI SUDAH MENCAPAI 77,84 PERSEN