Kompas TV nasional breaking news

Seniman dan Budayawan Terima Vaksinasi Covid-19 Hari Ini, dari Cak Lontong sampai Nicholas Saputra

Kompas.tv - 19 April 2021, 09:24 WIB
seniman-dan-budayawan-terima-vaksinasi-covid-19-hari-ini-dari-cak-lontong-sampai-nicholas-saputra
Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Pekerja Seni di Galeri Nasional Jakarta (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus
 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemberian vaksinasi massal dosis pertama diberikan kepada budayawan dan seniman di Jabodetabek pada Senin (19/4/2021) di Galeri Nasional Indonesia. 

Vaksinasi ini ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Vaksinasi diberikan kepada 500 pekerja seni baik skala nasional dan lokal khususnya di wilayah Jabodetabek. 

Peserta telah dilakukan pemeriksaan tes deteksi Covid-19 yakni Swab PCR dan Antigen, juga melaksanakan protpkol kesehatan yg ketat.

Peserta vaksinasi ialah para maestro dari berbagai bidang yakni bidang musik, komunitas film, seni tradisional, komunitas salihara, dan budayawan lokal. Sejumlah peserta mengenakan kostum budaya nasional. 

Beberapa peserta vaksinasi yang turut hadir yaitu Nicholas Saputra, Cak Lontong, Bimbim Slank, AB Three, Ayu Utami, Srimulat, Perupa Hanafi, Koreografer Hartati, Wayang Orang Bharata. 

Baca Juga: Harapan Isyana Sarasvati Setelah Jalani Vaksinasi Covid-19: Industri Musik Bisa Kembali Bangkit

"Subsektor-subsektor yang ada di ekonomi kreatif ada 17 subsektor dengan total 18-20 juta pelaku sektor ekonomi kreatif. Banyaknya di tiga sektor utama: kuliner, fesyen, dan kriya. Namun, ada pula subsektor lain seperti perfilman, musik, animasi, dan penerbitan," kata Sandiaga Uno saat dimintai keterangan. 

Melalui proses vaksinasi ini, Sandiaga berharap sumbangsih Rp1.100 triliun dari sektor ekonomi kreatif ini bisa dipertahankan dan ada peluang untuk bangkit dan pulih kembali. 

Baca Juga: Menkes Imbau Penyuntikan Vaksin Covid-19 Tetap Berjalan Selama Ramadan, Lansia Jadi Prioritas

"Saya mengapresiasi hari ini budayawan dan seniman mendapat giliran untuk vaksinasi. Harapannya ini bisa membangkitkan semangat dan motivasi bahwa sektor ini harus sama-sama berjuang melawan pandemi," kata Sandiaga. 

Ia juga berharap vaksinasi ini dapat menekan angka penularan Covid-19.

"Jika pandemi terkendali, maka sektor ekonomi kreatif bisa bangkit dan pulih kembali," kata Sandiaga. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.