Kompas TV feature inspirasi ramadhan

Menyikapi Pandemi dalam Sejarah Islam

Senin, 19 April 2021 | 08:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ustaz Riza Muhammad akan menyampaikan Kuliah Ramadan pagi ini (19/04/2021) dengan tema pandemi dalam sejarah.

Saat ini kita sedang diuji oleh suatu wabah covid-19, apakah di zaman Rasulullah pernah terjadi wabah serupa?

Dari ‘Amr bin Asy-Syarid dari bapaknya, beliau berkata;

Dahulu ada utusan dari Tsaqif ada yang terkena kusta. Maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengirim pesan, “Sungguh kami telah menerima baiat Anda (tidak perlu bersalaman), maka pulanglah.”

Ustaz Riza Muhammad menerangkan, hadist ini memberi pengertian bahwa ternyata ketika suatu wabah menghampiri kita, maka kita berlindung dari wabah itu dengan isolasi mandiri atau menghindar dari orang yang terkena wabah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:

“Apabila kalian mendengar wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian masuk ke dalamnya, namun jika ia menjangkiti suatu negeri, sementara kalian berada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar dari negeri tersebut.” (HR. al-Bukhari, no. 5728)

Ustaz Riza Muhammad menyatakan, hikmah yang bisa kita ambil adalah tetap berikhtiar.

"Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (QS. Ar-Ra'd: 11).

Ustaz Riza Muhammad menjelaskan, dari sejarah bagaimana menangani wabah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kita diajarkan untuk berhati-hati dan mengantsipasi diri.

Jadikan protokol kesehatan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan sebagai bentuk ikhtiar.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:33
ARUS BALIK LEBARAN, PEMKOT JAKARTA TIMUR SEDIAKAN TES ANTIGEN GRATIS   SATGAS COVID-19 PERKETAT PEMERIKSAAN WARGA YANG MELAKUKAN PERJALANAN MELEWATI GERBANG SUMATERA MENUJU JAWA   DISHUB: SIKM BERLAKU UNTUK PELAKU PERJALANAN PERORANGAN SAMPAI 17 MEI 2021   ANGGOTA KOMISI I DPR CHRISTINA ARYANI DUKUNG UPAYA PEMERINTAH BANTU SELESAIKAN AGRESI ISRAEL KE PALESTINA   MENKO PMK: ANTISIPASI ARUS BALIK PEMUDIK BUKAN HANYA DI DKI JAKARTA, TETAPI JUGA DI BEBERAPA KOTA LAIN   BERSIAP HADAPI ARUS BALIK, PEMKOT DEPOK SIAPKAN TES ANTIGEN BAGI PARA PENDATANG   ANTISIPASI PUNCAK ARUS BALIK, KETUA SATGAS: JANGAN ADA PIHAK AMBIL KEBIJAKAN BERBEDA   KETUA SATGAS: SINERGI ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH SANGAT PENTING DALAM MENGANTISIPASI ARUS BALIK LEBARAN   KETUA SATGAS DONI MONARDO: DALAM BEBERAPA HARI TERAKHIR PEMERIKSAAN SPESIMEN MENURUN   KETUA SATGAS TEGASKAN KENAIKAN ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 HARUS JADI EVALUASI DI TINGKAT NASIONAL MAUPUN DAERAH   KEMENHUB AKAN PERKETAT PERGERAKAN MASYARAKAT YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA SAAT ARUS BALIK LEBARAN    KEMENHUB MEMPREDIKSI SEBANYAK 3,6 JUTA ORANG AKAN BALIK DARI MUDIK HARI INI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI TARGETKAN PELABUHAN PENYEBERANGAN SAMPALAN DI NUSA PENIDA SELESAI PADA 2022   KETUA SATGAS DONI MONARDO SEBUT PERSENTASE KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA MENINGKAT