Kompas TV feature inspirasi ramadhan

Menyikapi Pandemi dalam Sejarah Islam

Senin, 19 April 2021 | 08:01 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ustaz Riza Muhammad akan menyampaikan Kuliah Ramadan pagi ini (19/04/2021) dengan tema pandemi dalam sejarah.

Saat ini kita sedang diuji oleh suatu wabah covid-19, apakah di zaman Rasulullah pernah terjadi wabah serupa?

Dari ‘Amr bin Asy-Syarid dari bapaknya, beliau berkata;

Dahulu ada utusan dari Tsaqif ada yang terkena kusta. Maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengirim pesan, “Sungguh kami telah menerima baiat Anda (tidak perlu bersalaman), maka pulanglah.”

Ustaz Riza Muhammad menerangkan, hadist ini memberi pengertian bahwa ternyata ketika suatu wabah menghampiri kita, maka kita berlindung dari wabah itu dengan isolasi mandiri atau menghindar dari orang yang terkena wabah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:

“Apabila kalian mendengar wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian masuk ke dalamnya, namun jika ia menjangkiti suatu negeri, sementara kalian berada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar dari negeri tersebut.” (HR. al-Bukhari, no. 5728)

Ustaz Riza Muhammad menyatakan, hikmah yang bisa kita ambil adalah tetap berikhtiar.

"Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (QS. Ar-Ra'd: 11).

Ustaz Riza Muhammad menjelaskan, dari sejarah bagaimana menangani wabah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kita diajarkan untuk berhati-hati dan mengantsipasi diri.

Jadikan protokol kesehatan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan sebagai bentuk ikhtiar.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x