Kompas TV internasional kompas dunia

Pedro Castillo, Guru SD dan Petani yang Jadi Calon Kandidat Presiden Peru

Senin, 19 April 2021 | 00:47 WIB
pedro-castillo-guru-sd-dan-petani-yang-jadi-calon-kandidat-presiden-peru
Dua kandidat calon presiden Peru: Pedro Castillo, seorang petani dan guru SD di pedesaan dan Keiko Fujimori, putri mantan presiden dan tokoh politik paling mapan di Peru. (Sumber: nodal.am)

CHUGUR, KOMPAS.TV – Saat sekolah-sekolah di seluruh Peru ditutup karena pandemi Covid-19, Pedro Castillo (51) mencoba mencari jalan agar ia tetap bisa mengajar 20 orang muridnya di kelas 5 dan 6. Namun, di kawasan pedesaan miskin nun di pedalaman Andes, upayanya sia-sia belaka.

Sebanyak 17 muridnya bahkan tidak punya akses ke ponsel. Tablet yang dijanjikan pemerintah, tak pernah datang.

“Saya menelepon murid-murid saya yang punya ponsel standar, dan ayah mereka yang mengangkat telepon di ladang. Saya tak bisa berkomunikasi dengan murid saya,” ujarnya.

“Saya coba menelepon lagi sorenya, dan malam harinya. Anak-anak tak mengangkat telepon karena mereka sudah kelelahan di tempat tidur.”

“Di mana negara?!” tanya Castillo pada The Associated Press usai menanam ubi manis di tanahnya seharian.

Baca Juga: Rakyat Ekuador dan Peru Gelar Pemilu Pilih Presiden Baru

Selama 25 tahun belakangan, Castillo dan murid-muridnya berjuang menggelar kegiatan belajar-mengajar di gedung sekolah yang runtuh. Tak cuma mengajar, guru-guru juga menyapu lantai dan melakukan pekerjaan administrasi.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:04
MENTERI PERHUBUNGAN JELASKAN PENGENDALIAN TRANSPORTASI JELANG LEBARAN HINGGA HARI INI BERJALAN DENGAN BAIK   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: DARI EVALUASI SEMENTARA, PERGERAKAN PENUMPANG JELANG LEBARAN TURUN SIGNIFIKAN   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT 99 PERSEN WARGA JABAR TIDAK MUDIK LEBARAN   MENPERIN AGUS GUMIWANG: PEMERINTAH BERKOMITMEN UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI HALAL   MENSOS TRI RISMAHARINI: APLIKASI E-PERFORMANCE DAPAT BANTU UKUR PRODUKTIVITAS KERJA ASN DAN INSTITUSI TERKAIT   KEMENSOS RI AKAN TERAPKAN PENILAIAN KINERJA ASN DENGAN APLIKASI E-PERFORMANCE   PEMERINTAH INDONESIA DESAK DEWAN KEAMANAN PBB AMBIL TINDAKAN ATAS PELANGGARAN YANG DILAKUKAN ISRAEL   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MENGUTUK PENGUSIRAN WARGA PALESTINA OLEH ISRAEL   DISDIK DKI JAKARTA: SISTEM ZONASI PPDB DKI JAKARTA 2021 UTAMAKAN CALON SISWA DI SATU LINGKUNGAN RT DAN RW   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: JABODETABEK SEPAKAT ANJURKAN SHALAT IDUL FITRI DI RUMAH   PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 HARI INI: SEBANYAK 4.891 ORANG POSITIF, 6.338 SEMBUH, DAN 206 MENINGGAL DUNIA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN PASTIKAN FASILITAS RS DI INDONESIA SIAP HADAPI LONJAKAN KASUS COVID-19   KOMISI IX DPR MINTA PEMERINTAH JELASKAN PENYEBAB PRIA YANG MENINGGAL SEUSAI DISUNTIK VAKSIN ASTRAZENECA   ISTANA NEGARA TEGASKAN PRESIDEN JOKOWI TIDAK MUDIK LEBARAN TAHUN INI