Kompas TV internasional kompas dunia

Suriah Gelar Pemilihan Presiden 26 Mei Nanti

Minggu, 18 April 2021 | 20:09 WIB
suriah-gelar-pemilihan-presiden-26-mei-nanti
Seorang pejabat pemilu Suriah menunggu para pemilih di tempat pemungutan suara dengan poster Presiden Bashar Assad selama pemilihan parlemen di Damaskus, Suriah. (Sumber: AP Photo/Hassan Ammar, File)

DAMASKUS, KOMPAS.TV - Juru bicara parlemen Suriah melaporkan negara itu akan melaksanakan pemilihan umum pada 26 Mei nanti untuk memilih presiden, meski negara itu masih dalam keadaan konflik dan perang.

Seperti dilansir Associated Press, Minggu (18/04/2021), Juru Bicara Parlemen Suriah Hammoud Sabbagh mengatakan, waktu untuk mendaftar tersedia sepuluh hari terhitung Senin (19/04/2021). 

Sementara, warga Suriah yang berada di luar negeri akan melakukan pemungutan suara pada 20 Mei 2021. 

Pemilihan umum ini diperkirakan akan kembali memberikan presiden saat ini Bashar al-Assad masa jabatan tujuh tahun untuk ke empat kalinya. Hingga saat ini belum jelas apakah ada kandidat yang akan mendaftar dan bersaing dengan Bashar, namun bila ada yang mendaftar, banyak yang memperkirakan hal itu hanya akan bersifat simbolik. 

Mereka yang ingin ikut bersaing dalam pemilihan presiden disyaratkan harus setidaknya tinggal di Suriah selama 10 tahun terakhir, yang artinya tokoh oposisi yang selama ini hidup di luar negeri tidak akan memenuhi syarat. 

Kandidat juga harus mendapat dukungan setidaknya 35 anggota parlemen, yang menurut laporan France24 didominasi Partai Baath yang dipimpin Bashar al-Assad. 

Baca Juga: Presiden Suriah dan Istrinya Pulih dari Covid, Siap Jalani Tugas Rutin

Seorang anak perempuan Suriah yang terlantar duduk di luar tenda keluarganya di sebuah kamp pengungsi di Bar Elias, Lembah Bekaa, Lebanon, Jumat, 5 Maret 2021. (Sumber: AP Photo/Hussein Malla)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:18
ARSENAL RAIH 3 POIN SETELAH KALAHKAN CHELSEA 1-0 DI LAGA PEKAN KE-36 LIGA PRIMER INGGRIS   ASOSIASI BULU TANGKIS SINGAPURA (SBA) DAN FEDERASI BULU TANGKIS DUNIA UMUMKAN SINGAPORE OPEN 2021 BATAL DIGELAR   WAGUB SUMATERA BARAT AUDY JOINALDY SEBUT POTENSI ZAKAT BERI DAMPAK POSITIF PEREKONOMIAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI SEBUT LEBARAN TAHUN INI LEBIH SEMARAK DIBANDING TAHUN SEBELUMNYA   PEMKOT TANGERANG AJAK MASYARAKAT UNTUK MENDOAKAN UMAT MUSLIM DI PALESTINA   KEMENTERIAN KESEHATAN AKAN PERCEPAT PROSES VAKSINASI COVID-19 USAI LEBARAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI AKUI PEMUDIK JALUR DARAT BUAT PETUGAS KEWALAHAN   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI AJAK MASYARAKAT INDONESIA UNTUK BERIKHTIAR KELUAR DARI PANDEMI   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS: SEMOGA IBADAH SAAT PANDEMI DAPAT TINGKATKAN KETAKWAAN   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE AJAK MASYARAKAT SILATURAHMI LEBARAN SECARA DIGITAL   RIBUAN ANGGOTA JEMAAH LAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID AL-AZHAR, JAKARTA SELATAN   GELAR SHALAT ID, MASJID KERAMAT LUAR BATANG DIPADATI JEMAAH   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN LAKSANAKAN SHALAT ID DI RUMAH PRIBADI DAN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   PRESIDEN JOKOWI DAN IBU NEGARA LAKSANAKAN SHALAT ID DI HALAMAN ISTANA BOGOR, JAWA BARAT