Kompas TV religi beranda islami

Gerakan Sholat Berpengaruh Pada Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 18 April 2021, 18:55 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Gerakan sholat yang dicontohkan Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dan kita praktikan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata cukup sarat akan hikmah dan bermanfaat bagi kesehatan.

Bila semua gerak tersebut dilakukan dengan benar, tumaninah serta istikamah (konsisten dilakukan) maka niscaya kita akan mendapat nikmat sehat.

Dengan menganalisa sabda Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam yang mengatakan, "Jika engkau berdiri untuk melaksanakan sholat, maka bertakbirlah."

Saat takbir Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya ke atas hingga sejajar dengan bahu-bahunya (HR Bukhari dari Abdullah bin Umar). Takbir ini dilakukan ketika hendak rukuk, dan ketika bangkit dari rukuk.

Beliau pun mengangkat kedua tangannya ketika sujud.

Lantas apa makna secara medis yang kita dapatkan? Pada saat kita mengangkat tangan sejajar bahu, maka otomatis kita membuka dada, memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh, membuka mata dan telinga kita, sehingga keseimbangan tubuh terjaga.

Begitupun ketika rukuk. "Rukuklah dengan tenang (tumaninah)." Ketika rukuk, Rasulullah SAW meletakkan kedua telapak tangan di atas lutut (HR Bukhari dari Sa'ad bin Abi Waqqash).

Maksudnya adalah bila rukuk dilakukan dengan tenang dan maksimal, dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai syaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. 

Rukuk pun dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di pungggung, pinggang, paha dan betis belakang. Begitupun dengan gerakan-gerakan sholat lainnya

 

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.