Kompas TV religi beranda islami

Introspeksi Diri di Bulan Ramadhan - SAHUR TIME

Senin, 19 April 2021 | 02:03 WIB

Introspeksi diri (muhasabah) dalam perbuatan kecil atau besar dan berpegang sunnah yang dilakukan seseorang merupakan jalan selamat yang akan menghantarkan kepada keridhaan Allah Azza wa Jalla.

Allah Azza wa Jalla berfirman : Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. [Al Hasyr/59 : 18].

Dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa yang merasa senang dengan kebaikannya serta merasa susah dengan keburukannya maka dia seorang mukmin.

Bentuk introspeksi diri (muhasabah) yang paling berguna yakni menyendiri untuk melakukan muhasabah serta mengoreksi berbagai amalan yang telah dilakukan sebelumnya.

Diriwayatkan dari Umar bin al-Khaththab, beliau mengatakan : “Koreksilah diri kalian sebelum kalian dihisab dan berhiaslah (dengan amal shalih) untuk pagelaran agung (pada hari kiamat kelak).” [HR. Tirmidzi].

Selain itu, diriwayatkan dari Maimun bin Mihran, beliau berkata : “Hamba tidak dikatakan bertakwa hingga dia mengoreksi dirinya sebagaimana dia mengoreksi rekannya” [HR. Tirmidzi].

Niscaya orang yang melakukan akan mendapat keberuntungan, sebab bukan sebuah aib untuk menuju kebenaran, karena musibah sebenarnya adalah jika terus-menerus melakukan kebatilan.

Wallahu'alam bis shawab.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Jangan Tinggalkan Al Quran

Jumat, 30 April 2021 | 20:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:01
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN FOKUS SIAPKAN SDM KOMPETEN UNTUK KAMPUNG PERIKANAN BUDIDAYA    PRESIDEN JOKOWI OPTIMISTIS TARGET PERTUMBUHAN EKONOMI 2021 SEBESAR 4,5-5,5 PERSEN TERCAPAI   KEMENPORA OPTIMISTIS INDONESIA JADI TUAN RUMAH OLIMPIADE 2032   KOMNAS HAM SARANKAN SELESAIKAN KONFLIK PAPUA LEWAT KOMUNIKASI YANG INTENSIF   NUSA TENGGARA TIMUR JADI TUAN RUMAH KEGIATAN GERAKAN NASIONAL BANGGA BUATAN INDONESIA 2021   KAPOLDA SUMUT: TERSANGKA KASUS PENGGUNAAN ALAT TES ANTIGEN BEKAS DI BANDARA KUALANAMU RAUP UNTUNG RP 1,8 MILIAR   LARANGAN MUDIK LEBARAN, KEPOLISIAN DAN DISHUB PERKETAT PENGAMANAN TERMINAL KALIDERES, JAKARTA BARAT   KEMENKEU: NILAI BARANG MILIK NEGARA YANG DIHIBAHKAN PEMERINTAH PUSAT HINGGA MARET 2021 CAPAI RP 10,08 TRILIUN   KEMENTERIAN PUPR: SEBANYAK 8.115 RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI KALBAR MENDAPAT BANTUAN PROGRAM BEDAH RUMAH   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO TEGASKAN TIDAK ADA PENGECUALIAN TERKAIT LARANGAN MUDIK   KLHK SEBUT TREN KAPASITAS PENGELOLAAN SAMPAH NASIONAL MENINGKAT   MENTERI PUPR: PROYEK SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (SPAM) KARIAN-SERPONG MERUPAKAN PROYEK TERINTEGRASI   PEMPROV LAMPUNG IMBAU BURUH TETAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM PERINGATI HARI BURUH   POLRES METRO JAKARTA TIMUR SIAPKAN 388 PERSONEL UNTUK PENGAMANAN HARI BURUH PADA 1 MEI 2021