Kompas TV nasional kesehatan

Vaksinasi Terus Jalan demi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Menkes Ajak untuk Tetap Waspada

Kompas.tv - 18 April 2021, 16:44 WIB
vaksinasi-terus-jalan-demi-cegah-lonjakan-kasus-covid-19-menkes-ajak-untuk-tetap-waspada
6 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menekankan agar vaksinasi Covid-19 yang tengah dijalankan oleh pemerintah jangan sampai membuat seluruh pihak kehilangan kewaspadaan.

Apalagi, sejumlah negara-negara di Eropa, Asia, hingga Amerika Selatan dilaporkan mengalami kenaikan lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu belakangan ini.

Maka dari itu, Menkes Budi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga kewaspadaan.

"Perlu saya ingatkan bahwa jangan sampai program vaksinasi membuat kita tidak waspada. Jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita euforia. Kenapa? Karena virusnya masih menular, masih ada, dan kita harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," ujarnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Minggu (18/4/2021).

Negara-negara seperti India, Filipina, dan Papua Nugini saat ini tengah mengalami lonjakan kasus gelombang ketiga dari pandemi Covid-19. Hal yang sama juga terjadi di beberapa negara Amerika Selatan seperti Chili dan Brasil.

Baca Juga: Menkes Budi: Jangan Sampai Program Vaksinasi Membuat Kita Tak Waspada

Demi menghindari terjadinya hal tersebut, pemerintah terus berupaya untuk menekan penyebaran pandemi di Indonesia.

Program vaksinasi Covid-19 yang sedang dilakukan dan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, bisa dibilang relatif mampu menekan penyebaran pandemi di waktu belakangan ini.

"Alangkah sedihnya kalau usaha keras kita selama ini jadi sia-sia karena lonjakan yang terjadi, karena kita lupa, kita kurang waspada," ucap Budi

"Sekali lagi, tetap jalankan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan terus kita vaksinasi terutama para lansia sampai Lebaran nanti," tandasnya lagi.

Baca Juga: 6 Juta Dosis Bahan Vaksin Sinovac Didatangkan Lagi ke Indonesia

Indonesia hari ini, Minggu (18/4/2021), baru saja menerima kedatangan enam juta dosis bahan baku vaksin CoronaVac dari Sinovac.

Kedatangan vaksin kali ini merupakan kedatangan yang kedelapan dari keseluruhan vaksin Covid-19 yang telah tiba di Indonesia sejak kedatangan pertama pada 6 Desember 2020.

Nantinya, enam juta dosis bahan baku vaksin tersebut akan terlebih dahulu diolah dan diproduksi oleh PT Bio Farma yang telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Vaksin Covid-19 produksi Sinovac juga sebelumnya telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM dan memperoleh fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.