Kompas TV klik360 cerita indonesia

Tanggapan Pengamat Politik Soal Wacana Koalisi Partai Islam Jelang Pemilu 2024

Minggu, 18 April 2021 | 16:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat Politik Muhammad Qodari, menanggapi wacana koalisi partai Islam menjelang Pemilu 2024.

Qodari menilai, wacana pembentukan koalisi poros partai Islam dari safari politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sulit terwujud.

Menurut Qodari, partai politik dengan konstituen dan latar belakang yang sama cenderung bersaing dalam kontestasi politik.

"Malah justru parpol yang latar belakangnya sama, konstituennya sama, misalnya sama-sama partai Islam itu mah saling berkompetisi satu sama lain. Buktinya, saat ini misalnya PAN tidak mau bergabung dengan Koalisi yang dijajaki PPP dan PKS," ucap Qodari.

Direktur Eksekutif Indo Barometer ini menyebut, yang dapat mempersatukan partai politik dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 adalah figur calon Presiden dan calon Kepala Daerah. 

Namun, figur yang populer ini tidak dapat ditentukan sejak jauh hari. 

"Yang menyatukan parpol figur yang populer yang sama-sama diusung jadi calon Presiden atau figur yang sama-sama mau diusung sebagai Kepala Daerah dan itu tidak bisa jauh-jauh hari, karena potensi calon itu akan diukur dekat-dekat dengan pilpresnya, dekat-dekat dengan pilkadanya," lanjut Qodari.

Qodari memprediksi, koalisi sesungguhnya baru akan terbentuk jelang pendaftaran Pilpres, sekitar pertengahan tahun 2023 mendatang.

Video Editor: Faqih Fisabilillah 

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:18
SEBANYAK 40 ORANG TERLUKA DAN 6 LAINNYA HILANG AKIBAT DITERJANG ANGIN TOPAN DI WUHAN, TIONGKOK   KEMENHUB SIAPKAN POS TES USAP ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI DAN GILIMANUK ANTISIPASI ARUS BALIK   ANTISIPASI ARUS BALIK, SATGAS COVID-19 SIAPKAN 200.000 ALAT TES CEPAT KORONA ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI   BUPATI KEDIRI HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA TANGKAP BASAH CAMAT PURWOASRI YANG MINTA THR KE TIAP DESA   GERBANG TOL CILEGON BARAT DAN CILEGON TIMUR DITUTUP SEMENTARA UNTUK PERLAMBAT ARUS KENDARAAN MENUJU ANYER   ARUS LALU LINTAS DI TOL TANGERANG-MERAK DIALIHKAN IMBAS KEMACETAN MENUJU PANTAI ANYER   KADIN AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI GOTONG ROYONG SETELAH IDUL FITRI   SEBANYAK 8 ORANG TEWAS DALAM KECELAKAAN SELAMA MASA OPERASI KETUPAT KRAKATAU 2021 DI LAMPUNG   ANGGOTA DPRD KABUPATEN ENDE, NTT, RIBERU KANISIUS, MENINGGAL DUNIA   GUBERNUR KALIMANTAN BARAT: SAAT INI TERDAPAT LEBIH DARI 1.000 KASUS COVID-19 AKTIF DI KALBAR   GUBERNUR KALBAR MENDUGA BEREDARNYA SURAT PALSU BEBAS COVID-19 JADI SEBAB MENINGKAT KASUS DI WILAYAHNYA   GUBERNUR JAWA TIMUR: INFORMASI SOAL JATIM ALAMI LEDAKAN KASUS COVID-19 ADALAH HOAKS   POLISI TANGKAP PERUSAK PAGAR TPU UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR   POLRES CIANJUR, JABAR, TUTUP JALUR MENUJU PUNCAK-CIPANAS MULAI DARI BUNDARAN TUGU LAMPU GENTUR "BY-PASS"-CIANJUR