Kompas TV klik360 sinau

Mengapa Pangeran Philip Tidak Bergelar Raja Inggris? Ini Lho Penjelasannya...

Minggu, 18 April 2021 | 15:09 WIB

KOMPAS.TV – Pangeran Philip, atau Prince Philip yang merupakan suami dari Ratu Elizabeth II, pemimpin Inggris, meninggal dunia pada 10 April 2021.

Pangeran Philip menikahi Ratu Elizabeth II pada 1947, 5 tahun sebelum sang ratu naik takhta pada 1952.

Sehari sebelum pernikahannya dengan Putri Elizabeth, King George VI memberi Philip gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth dan Baron Greenwich di Peerage of the United Kingdom.

Baca Juga: Kawal Prosesi Pemakaman Pangeran Philip, Seorang Prajurit Bersenjata Terjatuh

Mengapa Pangeran Philip tidak bergelar raja, namun justru bergelar pangeran?

Aturan di Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris memiliki aturan bahwa yang bisa menjadi penerus kepemimpinan adalah keturunan pertama dari raja atau ratu yang sedang bertakhta.

Penerusnya baru bisa menggantikan kepemimpinan jika pemimpin sebelumnya meninggal dunia, menyerahkan kekuasaan, atau pensiun.

Seperti Ratu Elizabeth II yang menggantikan ayahnya, Raja George VI, yang meninggal dunia di tahun 1952.

Alasan Pangeran Philip tidak bergelar raja

Kerajaan Inggris memiliki peraturan bahwa laki-laki yang menikah dengan anggota keluarga kerajaan perempuan tidak bisa mendapatkan gelar yang sama.

Seorang wanita yang menikah dengan raja bisa disebut ratu sebagai gelar simbolis.

Sedangkan gelar raja tidak bisa diberikan untuk suami ratu, karena gelar itu hanya diberikan kepada laki-laki yang mewarisi takhta.

Baca Juga: Duh Sedihnya, Sang Ratu Duduk Sendirian Melepas Kepergian Pangeran Philip

Lantas, siapa pewaris takhta Kerajaan Inggris selanjutnya?

Putra tertua Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Charles, Pangeran Wales, akan menerima gelar raja saat dia menjabat posisi tersebut.

Berikutnya adalah Pangeran William, putra Pangeran Charles, dan cucu ratu, Pangeran George.

Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun, dan telah menemani Ratu Elizabeth II selama lebih dari 70 tahun.

Pemakaman Pangeran Philip dilaksanakan pada Sabtu (17/4/2021) di Kapel St. George, Kastil Windsor.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Opini

SAE Nababan, Gus Dur, dan Orde Baru

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:20
WHO IZINKAN VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM UNTUK PENGGUNAAN DARURAT   LAMA TAK TERLIHAT DI DEPAN PUBLIK, PENDIRI ALIBABA DAN ANT GROUP JACK MA KUNJUNGI KANTORNYA DI HANGZHOU, TIONGKOK   KEMENAKER SIAP BUKA KEMBALI PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA KE TAIWAN SEMBARI PERHATIKAN ANGKA KASUS COVID-19   MENPERIN SEBUT HALAL MODERN VALLEY DI CIKANDE, BANTEN, JADI KLASTER INDUSTRI HALAL TERBESAR RI   LIBUR LEBARAN, PENYALURAN INSENTIF PRAKERJA DIHENTIKAN SEMENTARA HINGGA 18 MEI 2021   PLN PASTIKAN SISTEM KELISTRIKAN NTT SUDAH PULIH 100% SETELAH 4.002 GARDU YANG TERDAMPAK BADAI SEROJA DIPERBAIKI   PEMKAB JEMBER PERBOLEHKAN WARGA DI ZONA HIJAU COVID-19 SHALAT ID DI MASJID/MUSHALA DENGAN KAPASITAS 50%   MANTAN JUBIR FPI SLAMET MAARIF JADI SAKSI KASUS BERITA BOHONG HASIL TES USAP RIZEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN DI JAKARTA SELATAN BUAT LINGKARAN KHUSUS UNTUK PIKNIK GUNA ANTISIPASI KERUMUNAN   MASJID ISTIQLAL JAKARTA BATAL GELAR SHALAT ID TAHUN INI KARENA MASIH PANDEMI KORONA   SAAT LIBUR LEBARAN 12-14 MEI 2021, MRT JAKARTA BEROPERASI PUKUL 06.00–21.00 WIB DENGAN JARAK ANTARKERETA 10 MENIT   DISHUB DKI JAKARTA SEBUT JAM OPERASIONAL ANGKUTAN UMUM BERUBAH SELAMA LIBUR LEBARAN   KPK EKSEKUSI PENYUAP MANTAN MENTERI KP EDHY PRABOWO, SUHARJITO, KE LAPAS CIBINONG, BOGOR   JADI TERSANGKA DUGAAN KORUPSI JUAL-BELI JABATAN, BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN HIDAYAT DITAHAN DI RUTAN BARESKRIM