Kompas TV regional peristiwa

TNI-Polri Bantah Tuduhan Guru dan Siswa yang Jadi Korban KKB Merupakan Mata-mata Aparat

Minggu, 18 April 2021 | 14:45 WIB

PAPUA, KOMPAS.TV - TNI dan Polri membantah tudingan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyebut guru dan siswa yang ditembak KKB adalah mata mata aparat.

Menanggapi pernyataan KKB, Kapolda Papua dan Pangdam XVII Cenderawasih membantah bila dua guru dan siswa yang ditembak KKB adalah mata-mata polisi dan TNI.

Pangdam menyebut bahwa tudingan yang disampaikan oleh KKB hanya untuk membenarkan diri dan menutupi kejahatan yang dilakukan oleh kelompok tersebut.

Baca Juga: Jubir OPM Peringatkan TNI-Polri Tak Libatkan Warga Sipil Jadi Mata-Mata, Ancamannya Tembak Mati

Diberitakan sebelumnya, KKB melakukan teror sejak tanggal 8 April lalu, menembak mati seorang guru bernama Okatvianus Rayo. Selang hari, KKB kembali menembak mati Yonathan Rande.

KKB juga membakar tiga unit sekolah dari SD, SMP, SMA, serta membakar rumah guru.

Teror kembali dilakukan KKB pada hari Minggu (11/4/2021).

KKB membakar helikopter cooper yang sedang terpakir di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

14 April, KKB kembali menembak mati seorang pengemudi ojek di Eromaga Distrik Omikia, Kabupaten Puncak, Papua, dan membakar rumah Wakil Ketua DPRD di Kampung Beoga.

Baca Juga: KKB Kembali Bakar Rumah Kepala Suku dan 3 Rumah Guru, Bupati Desak Segera Ditindak

15 April 2021, korban sipil kembali jatuh akibat aksi KKB.

Seorang siswa SMA berusia 16 tahun bernama Ali Mom tewas ditembak KKB dan yang terakhir, dan pada 17 April, KKB membakar rumah kepala suku dan tiga rumah guru di Distrik Beoga.

Kapolda Papua meminta personel TNI dan Polri tidak terpancing dengan aksi penembakan yang dilakukan KKB karena hal itu yang diinginkan KKB untuk memancing keluar dari perimeter pengamanan hingga terjadi penembakan.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:20
ARSENAL RAIH 3 POIN SETELAH KALAHKAN CHELSEA 1-0 DI LAGA PEKAN KE-36 LIGA PRIMER INGGRIS   ASOSIASI BULU TANGKIS SINGAPURA (SBA) DAN FEDERASI BULU TANGKIS DUNIA UMUMKAN SINGAPORE OPEN 2021 BATAL DIGELAR   WAGUB SUMATERA BARAT AUDY JOINALDY SEBUT POTENSI ZAKAT BERI DAMPAK POSITIF PEREKONOMIAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI SEBUT LEBARAN TAHUN INI LEBIH SEMARAK DIBANDING TAHUN SEBELUMNYA   PEMKOT TANGERANG AJAK MASYARAKAT UNTUK MENDOAKAN UMAT MUSLIM DI PALESTINA   KEMENTERIAN KESEHATAN AKAN PERCEPAT PROSES VAKSINASI COVID-19 USAI LEBARAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI AKUI PEMUDIK JALUR DARAT BUAT PETUGAS KEWALAHAN   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI AJAK MASYARAKAT INDONESIA UNTUK BERIKHTIAR KELUAR DARI PANDEMI   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS: SEMOGA IBADAH SAAT PANDEMI DAPAT TINGKATKAN KETAKWAAN   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE AJAK MASYARAKAT SILATURAHMI LEBARAN SECARA DIGITAL   RIBUAN ANGGOTA JEMAAH LAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID AL-AZHAR, JAKARTA SELATAN   GELAR SHALAT ID, MASJID KERAMAT LUAR BATANG DIPADATI JEMAAH   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN LAKSANAKAN SHALAT ID DI RUMAH PRIBADI DAN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   PRESIDEN JOKOWI DAN IBU NEGARA LAKSANAKAN SHALAT ID DI HALAMAN ISTANA BOGOR, JAWA BARAT