Kompas TV regional peristiwa

TNI-Polri Bantah Tuduhan Guru dan Siswa yang Jadi Korban KKB Merupakan Mata-mata Aparat

Minggu, 18 April 2021 | 14:45 WIB

PAPUA, KOMPAS.TV - TNI dan Polri membantah tudingan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyebut guru dan siswa yang ditembak KKB adalah mata mata aparat.

Menanggapi pernyataan KKB, Kapolda Papua dan Pangdam XVII Cenderawasih membantah bila dua guru dan siswa yang ditembak KKB adalah mata-mata polisi dan TNI.

Pangdam menyebut bahwa tudingan yang disampaikan oleh KKB hanya untuk membenarkan diri dan menutupi kejahatan yang dilakukan oleh kelompok tersebut.

Baca Juga: Jubir OPM Peringatkan TNI-Polri Tak Libatkan Warga Sipil Jadi Mata-Mata, Ancamannya Tembak Mati

Diberitakan sebelumnya, KKB melakukan teror sejak tanggal 8 April lalu, menembak mati seorang guru bernama Okatvianus Rayo. Selang hari, KKB kembali menembak mati Yonathan Rande.

KKB juga membakar tiga unit sekolah dari SD, SMP, SMA, serta membakar rumah guru.

Teror kembali dilakukan KKB pada hari Minggu (11/4/2021).

KKB membakar helikopter cooper yang sedang terpakir di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

14 April, KKB kembali menembak mati seorang pengemudi ojek di Eromaga Distrik Omikia, Kabupaten Puncak, Papua, dan membakar rumah Wakil Ketua DPRD di Kampung Beoga.

Baca Juga: KKB Kembali Bakar Rumah Kepala Suku dan 3 Rumah Guru, Bupati Desak Segera Ditindak

15 April 2021, korban sipil kembali jatuh akibat aksi KKB.

Seorang siswa SMA berusia 16 tahun bernama Ali Mom tewas ditembak KKB dan yang terakhir, dan pada 17 April, KKB membakar rumah kepala suku dan tiga rumah guru di Distrik Beoga.

Kapolda Papua meminta personel TNI dan Polri tidak terpancing dengan aksi penembakan yang dilakukan KKB karena hal itu yang diinginkan KKB untuk memancing keluar dari perimeter pengamanan hingga terjadi penembakan.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:29
ASOSIASI DOKTER TOKYO DUKUNG OLIMPIADE DIBATALKAN KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   SEBANYAK 1.141 PERSONEL DISIAGAKAN POLDA METRO JAYA UNTUK JAGA UNJUK RASA BELA PALESTINA DI JAKARTA   BMKG: NTT MEMASUKI MUSIM KEMARAU, SELURUH ELEMEN MASYARAKAT PERLU BERUPAYA UNTUK CEGAH KARHUTLA   TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) KEMBALI DIBUKA HARI INI, WARGA DENGAN KTP NON-DKI DIPERBOLEHKAN MASUK   KEPALA BKD BANTAH KEBERADAAN TGUPP JADI ALASAN BANYAK PNS DKI TAK MENDAFTAR DALAM LELANG JABATAN ESELON II   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA MEMINTA MAAF SOAL VIDEO PADUAN SUARA DI RUANG UTAMA MASJID ISTIQLAL   MILIKI STOK 1,3 JUTA TON, BULOG JAMIN TIDAK ADA IMPOR BERAS TAHUN INI   KEMENKES MINTA WARGA YANG PULANG MUDIK LEBARAN UNTUK ISOLASI MANDIRI MESKI NEGATIF COVIF-19   KEMENKES SIAP ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 PASCA-LIBUR LEBARAN   KEMENKES MINTA PELAKU USAHA ATAU PERUSAHAAN LAKUKAN TES CEPAT COVID-19 KE PEGAWAI USAI LIBUR LEBARAN   KEMENLU AKAN MULAI LAKUKAN VAKSINASI KEPADA WARGA NEGARA INDONESIA KATEGORI KELOMPOK RENTAN DI LUAR NEGERI   PEMERINTAH INDONESIA BERHARAP PROGRAM VAKSINASI GOTONG ROYONG DAPAT DORONG INVESTOR LAKUKAN REALISASI INVESTASI   PRESIDEN JOKOWI HARAP KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG TINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN TRANSPORTASI   PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG DIUJI COBA AKHIR 2022