Kompas TV internasional kompas dunia

Ramadan Tahun Ini, Kakbah dan Masjidil Haram Jadi Lebih Harum

Kompas.tv - 18 April 2021, 16:13 WIB
ramadan-tahun-ini-kakbah-dan-masjidil-haram-jadi-lebih-harum
Ratusan jemaah Muslim mengelilingi Kabah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Makkah, Arab Saudi, Rabu 29 Juli, 2020. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MAKKAH, KOMPAS.TV - Ramadan tahun ini para jamaah yang tengah melakukan ibadah di sekitar Kakbah akan merasakan harumnya lokasi tanah suci tersebut.

Pasalnya selain para jamaah melakukan ritual mengitari Kakbah secara bertahap karena pandemi Covid-19, ritual lain yang dilakukan di sana adalah berkeliling mengharumkan Kakbah dan Masjidil harap sepuluh kali sehari selama bulan suci Ramadan.

Baca Juga: Haru! Kisah Subro, Calon Haji Tunanetra yang Akhirnya Bisa Memeluk Kakbah

Ritual tersebut dilakukan setelah Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci melakukan operasi untuk mengharumkan Kakbah dan Masjidil Haram menggunakan parfum dan kemenyan kualitas terbaik.

Wewangian itu dioleskan ke Kakbah dan digunakan di masjid selama acara khusus seperti Ramadan, hari-hari Haji, atau hari Jumat. Walhasil bangunan tersebut memikat dengan harumnya.

Baca Juga: Resmi Terpilih, Sahrul Gunawan Unggah Foto Kabah: Ingin Sujud Syukur di Sana

Melansir Mashable, Jumat (16/04/2021), Kakbah dan Masjidil Haram diharumkan dengan parfum Oud terbaik seperti Oud Sioufi, dupa Clementan, dan dupa Maruki Double Super.

Lebih dari 60 pembakar dupa dan 60 kilogram Oud tiap hari digunakan untuk mengharumi Masjidil Haram.

"Kami sangat berhati-hati dalam membersihkan dan mengharumkan Masjidil Haram dan Kakbah dan tak ingin menyebabkan ketidaknyamanan bagi jamaah umrah dan pengunjung tempat paling suci Islam ini," jelas salah satu pihak berwenang.

Baca Juga: Pria Ditangkap di Masjidil Haram karena Bawa Pisau dan Teriak Dukung Kelompok Teroris



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x