Kompas TV nasional update corona

6 Juta Dosis Bahan Vaksin Sinovac Didatangkan Lagi ke Indonesia

Minggu, 18 April 2021 | 13:49 WIB
6-juta-dosis-bahan-vaksin-sinovac-didatangkan-lagi-ke-indonesia
6 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia kembali menerima 6 juta dosis bahan baku vaksin atau bulk vaksin Covid-19 dari Sinovac Biotech, Cina, Minggu (18/4/2021). Bulk vaksin tersebut datang di Bandara Soekarno-Hatta siang ini menggunakan pesawat Garuda.

"Hari ini kita kedatangan 6 juta bulk vaksin dari Sinovac Cina. Kita sudah terima totalnya 59,5 juta bulk vaksin Sinovac, itu akan diproduksi menjadi sekitar 47 juta dosis," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin di Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: [FULL] Pernyataan Menkes Budi Gunadi Terkait Kedatangan 6 Juta Bulk Vaksin Sinovac

Dengan begitu, hingga hari ini Pemerintah Indonesia sudah menerima 59,5 juta dosis bulk vaksin dari total 140 juta dosis yang dipesan Indonesia ke Sinovac Biotech. Jutaan bulk vaksin tersebut nantinya akan dijadikan vaksin.

Hingga kini, Indonesia sudah memproduksi 22 juta dosis vaksin yang telah didistribusikan ke berbagai daerah. Dalam satu bulan ke depan, Indonesia akan kembali menerima sekitar 20 juta dosis vaksin. Sehingga besar harap, distribusi vaksin dari April hingga Mei mendatang dapat berjalan dengan lancar.

"Kita harapkan program vaksinasi bulan April dan Mei bisa berjalan dengan lancar dan baik," harapnya.

Kedatangan 6 juta vaksin hari ini merupakan kiriman tahap kedelapan. Sebelumnya, pada tahap ketujuh Maret lalu, sudah didatangkan sekitar 16 juta bulk vaksin Sinovac. Bulk vaksin yang baru datang ini kemudian akan dikirim ke Bio Farma, Bandung untuk diproduksi sebagai vaksin.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:12
PEMPROV DKI JAKARTA PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) MIKRO HINGGA 31 MEI 2021   POLRES METRO TANGERANG KOTA SEDIAKAN 3.400 TES ANTIGEN GRATIS DI POSKO PENYEKATAN DAN "CHECK POINT"   ANGGOTA DEWAS KPK SYAMSUDDIN HARIS DUKUNG PENDAPAT PRESIDEN SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN YANG DIJALANI PEGAWAI KPK   ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, DINKES TANGERANG SIAPKAN 10.000 TES ANTIGEN GRATIS    POLDA METRO JAYA TAMBAH POS PEMERIKSAAN BEBAS COVID-19 PEMUDIK, YAKNI DI TERMINAL TANJUNG PRIOK & KAMPUNG RAMBUTAN   KETUA DPD DORONG PEMERINTAH SEGERA KIRIM BANTUAN KE DAERAH DI PALESTINA YANG JADI SASARAN SERANGAN ISRAEL   PBNU MINTA AGRESI MILITER ISRAEL DI PALESTINA DIHENTIKAN UNTUK MENGAKHIRI KRISIS KEMANUSIAAN   MENKO PMK AJAK MASYARAKAT CEGAH HIPERTENSI MELALUI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)   LPSK PASTIKAN PENUHI HAK EMPAT WARGA YANG MENJADI KORBAN SERANGAN TERORISME DI POSO, SULAWESI TENGAH   SATGAS BALIKPAPAN, KALTIM, KEMBALIKAN VAKSIN ASTRAZENECA "BATCH" CTMAV547   DINAS KESEHATAN SUMSEL SEBUT VAKSIN ASTRAZENECA YANG DIDISTRIBUSIKAN KE BERBAGAI DAERAH MASIH AMAN   DINKES DKI LANJUTKAN VAKSINASI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN VAKSIN ASTRAZENECA SELAIN "BATCH" CTMAV547   KETUA DPD LANYALLA MATTALITTI DORONG PEMUDIK IKUT TES ANTIGEN DEMI DETEKSI DINI COVID-19   CEGAH KERUMUNAN, POLRESTA MAMUJU SIAGAKAN 112 PERSONEL PADA 21 OBYEK WISATA