Kompas TV nasional sapa indonesia

Sudah Ada 3 Varian Baru Mutasi Virus Corona, Vaksin Perlu Dievaluasi?

Minggu, 18 April 2021 | 00:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Varian baru covid-19, B1525  awalnya ditemukan di Inggris dan Nigeria, dan kini sudah beredar di 40 negara di dunia.

Dan di Indonesia kasus pertama ditemukan di Batam, yang diduga hasil perpindahan dari Malaysia.

Langkah apa yang harus kita lakukan, karena sebetulnya virus akan selalu bermutasi dan muncul varian baru lainnya?

Kita bahas bersama Profesor Nidom Foundation, yang juga merupakan Guru Besar Bio-Molekular Universitas Airlangga, Chairul Anwar Nidom dan juga ada Kepala Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Prof Amin Subandrio.

Kementerian Kesehatan menyebut varian baru jenis B1525 ini ditemukan pada seorang Pekerja Migran Indonesia yang bepergian dari Malaysia ke Batam Kepulauan Riau.

Di Jayapura Papua, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengimbau peningkatan kewaspadaan atas lonjakan drastis kasus covid-19 di Papua Nugini.

Sebelumnya, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, sekaligus Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama menyebut setiap virus selalu bermutasi.

Menurut Tjandra Yoga, mutasi virus covid-19 dapat berdampak pada kemampuan deteksi tes PCR hingga tingkat keparahan penyakit.

Selain Eropa, gelombang ketiga kasus positif covid-19 terjadi di India.

Kasus positif covid-19 harian di India sempat mencapai angka 200 ribu per hari, menambah peningkatan kasus positif dunia hingga 9 persen lebih.

 

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:27
TIM DAYUNG KAYAK INDONESIA YAKIN LOLOS KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO    TIM KANADA MUNDUR DARI KUALIFIKASI SENAM OLIMPIADE TOKYO DENGAN ALASAN MASIH ADANYA PANDEMI KORONA    WHO BERI DUKUNGAN BAGI PELAKSANAAN OLIMPIADE TOKYO PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021    UNI EROPA SEPAKAT TAMBAH 1,8 MILIAR DOSIS VAKSIN BUATAN BIONTECH/PFIZER    PEMUSATAN LATIHAN SEPAK BOLA TIMNAS THAILAND DIHENTIKAN SETELAH 2 PEMAIN PUTRA & 1 PEMAIN PUTRI POSITIF COVID-19    TOTTENHAM HOTSPUR KALAH 1-3 DARI LEEDS UNITED DALAM PEKAN KE-35 LIGA INGGRIS DI STADION ELLAND ROAD    STRIKER ASAL BRASIL, NEYMAR JR, PERPANJANG KONTRAK DI PARIS SAINT-GERMAIN HINGGA 2025    SEBANYAK 40 ORANG MENINGGAL AKIBAT LEDAKAN DI LUAR SEKOLAH DI KABUL, AFGHANISTAN    PAKISTAN HAPUS LIBUR IDUL FITRI GUNA CEGAH LONJAKAN KASUS POSITIF COVID-19    AUSTRALIA TUTUP PERBATASAN DARI PENGUNJUNG ASING HINGGA AWAL 2022    SINGAPURA TINJAU KEMBALI "TRAVEL BUBBLE" DENGAN HONG KONG AKIBAT KENAIKAN KASUS COVID-19    SEBANYAK 56 WARGA PERUMAHAN RSS SIDOKERTO, PATI, JATENG, POSITIF COVID-19    GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA PENGAWASAN KAPAL ASING MASUK KE JATENG DIPERKETAT    BPTJ MINTA TAMBAHAN PERSONEL UNTUK PENYEKATAN TOL SELAMA LARANGAN MUDIK GUNA CEGAH ANTREAN PANJANG