Kompas TV nasional sapa indonesia

Temuan Mutasi Virus Corona Baru B1525, Apakah Vaksin yang Ada Akan Tetap Efektif?

Sabtu, 17 April 2021 | 23:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Varian baru covid-19, B1525  awalnya ditemukan di Inggris dan Nigeria, dan kini sudah beredar di 40 negara di dunia.

Dan di Indonesia kasus pertama ditemukan di Batam, yang diduga hasil perpindahan dari Malaysia.

Langkah apa yang harus kita lakukan, karena sebetulnya virus akan selalu bermutasi dan muncul varian baru lainnya.

Kita bahas bersama Profesor Nidom Foundation, yang juga merupakan Guru Besar Bio-Molekular Universitas Airlangga, Chairul Anwar Nidom dan juga ada Kepala Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Prof Amin Subandrio.

Kementerian Kesehatan menyebut varian baru jenis B1525 ini ditemukan pada seorang Pekerja Migran Indonesia yang bepergian dari Malaysia ke Batam Kepulauan Riau.

Di Jayapura Papua, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengimbau peningkatan kewaspadaan atas lonjakan drastis kasus covid-19 di Papua Nugini.

Sebelumnya, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, sekaligus Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama menyebut setiap virus selalu bermutasi.

Menurut Tjandra Yoga, mutasi virus covid-19 dapat berdampak pada kemampuan deteksi tes PCR hingga tingkat keparahan penyakit.

Selain Eropa, gelombang ketiga kasus positif covid-19 terjadi di India.

Kasus positif covid-19 harian di India sempat mencapai angka 200 ribu per hari, menambah peningkatan kasus positif dunia hingga 9 persen lebih.

 

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:03
INDIA MENCATAT ANGKA KEMATIAN HARIAN TERTINGGI AKIBAT COVID-19 SEBANYAK 4.187 KASUS BARU, TOTAL 238.270 KASUS   PEMKOT MAKASSAR IZINKAN SHALAT ID DIADAKAN DI TEMPAT TERBUKA/JALAN RAYA DENGAN PROKES YANG KETAT   WAKIL WALI KOTA BOGOR DEDIE RACHIM INGATKAN PENGELOLA MAL PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN   GEREBEK KAMPUNG AMBON DI JAKBAR, POLISI TANGKAP 45 ORANG DAN MENYITA BARANG BUKTI SENJATA TAJAM HINGGA MIRAS   BMKG: KALIMANTAN YANG DIANGGAP AMAN DARI GEMPA PUN MEMILIKI 3 SESAR YANG PERLU DIWASPADAI   BMKG SEBUT INDONESIA MEMILIKI 295 SESAR AKTIF YANG PERLU DIWASPADAI   SEORANG CALON PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG TERTANGKAP MEMBAWA SURAT HASIL TES USAP PALSU   BANGUNAN TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI RT 07 RW 01 JALAN PURI, CIPETE SELATAN, JAKSEL, HANGUS TERBAKAR   ICW MENILAI PRESIDEN JOKOWI PERLU TURUN TANGAN TANGANI PERSOALAN 75 PEGAWAI KPK YANG TIDAK LOLOS TWK   BKN: TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) KPK BERBEDA DENGAN TWK CPNS   DITJEN IMIGRASI KEMENKUMHAM: LARANGAN MASIH BERLAKU BAGI WNA YANG INGIN BERKUNJUNG KE RI DENGAN TUJUAN WISATA   DIRJEN IMIGRASI SEBUT KEDATANGAN WN TIONGKOK SESUAI REKOMENDASI DAN BEKERJA DI PROYEK STRATEGIS NASIONAL   DIRJEN IMIGRASI JHONI GINTING SEBUT WNA YANG MASUK KE INDONESIA SELAMA PANDEMI BUKAN UNTUK WISATA   KEMENAG PELAJARI IMPLIKASI PUTUSAN MA TERKAIT PEMBATALAN SKB 3 MENTERI SOAL SERAGAM SEKOLAH