Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Rilis Tersangka Sabotase di Fasilitas Nuklir Natanz, tapi Kadung Kabur Keluar Negeri

Sabtu, 17 April 2021 | 22:49 WIB
iran-rilis-tersangka-sabotase-di-fasilitas-nuklir-natanz-tapi-kadung-kabur-keluar-negeri
Seorang lelaki yang diidentifikasi sebagai Reza Karimi diduga telah melakukan sabotase terhadap Fasilitas Pengayaan Uranium Natanz di Iran pada Minggu (11/4/2021) pekan lalu. (Sumber: IRIB via AP, File)

TEHERAN, KOMPAS.TV – Iran pada Sabtu (17/4/2021) merilis identitas seorang tersangka pelaku serangan sabotase di fasilitas nuklir Natanz yang merusakkan mesin-mesin sentrifugal pengaya uraniumnya.

Melalui siaran televisi negara IRIB, pihak berwenang Iran mengatakan, tersangka yang diidentifikasi sebagai Reza Karimi (43) telah melarikan diri keluar negeri beberapa jam sebelum sabotase terjadi.

Karimi yang lahir di kota Kashan, Iran, juga disebut-sebut termasuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Interpol.

Namun, maklumat pencarian terhadap Karimi belum bisa diakses di database Interpol yang dapat diakses publik. Interpol yang berbasis di Lyon, Prancis, sejauh ini belum berkomentar.  

Baca Juga: Siapkan Daftar Sanksi AS Yang Harus Dicabut, Iran Ancam Akan Tingkatkan Program Nuklirnya

Iran juga menyatakan tengah melakukan tindakan yang diperlukan untuk membawa Karimi kembali ke Iran lewat jalur hukum. Data perjalanan milik Karimi sebelumnya mencatat sejumlah negara termasuk Ethiopia, Kenya, Belanda, Qatar, Rumania, Turki, Uganda dan Uni Emirat Arab.

Foto tangkapan layar pada 17 April 2021 ini menunjukkan barisan mesin sentrifugal yang rusak akibat serangan sabotase di Fasilitas Pengayaan Uranium Natanz Iran. (Sumber: IRIB via AP, File)

Tidak dirinci bagaimana Karimi dapat mengakses salah satu fasilitas paling aman di Republik Islam itu. Namun, seperti dilansir dari Associated Press, disebutkan telah terjadi sebuah ledakan di fasilitas nuklir Natanz.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:30
KEBUN RAYA BOGOR CATAT JUMLAH PENGUNJUNG SELAMA LIBUR LEBARAN MENCAPAI 23.520 ORANG   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: SAAT INI TIDAK ADA KABUPATEN ATAU KOTA DI JABAR BERSTATUS ZONA MERAH COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN TIDAK MELARANG WARGA DARI DAERAH UNTUK MASUK JAKARTA   PT KAI: KEDATANGAN PENUMPANG KA JARAK JAUH DI JAKARTA TERPANTAU LANDAI   JASA MARGA: 200.000 KENDARAAN MASUK JABOTABEK PADA HARI KEDUA SETELAH LEBARAN   KETUA SATGAS COVID-19 IMBAU MASYARAKAT YANG BEPERGIAN SELAMA LIBUR LEBARAN UNTUK LAKUKAN ISOLASI MANDIRI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN PASTIKAN PEMERINTAH TELAH SIAP ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 PASCALIBUR LEBARAN   PEMERINTAH TERAPKAN KEBIJAKAN TES ACAK UNTUK CEGAH PENINGKATAN KASUS COVID-19 PASCALIBUR LEBARAN   JUMLAH MASYARAKAT INDONESIA YANG TELAH DIVAKSINASI COVID DOSIS KEDUA ADALAH 9.066.982 ORANG   PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 HARI INI: 4.295 ORANG POSITIF, 5.754 ORANG SEMBUH, DAN 212 ORANG MENINGGAL DUNIA   KASUS KORUPSI ASABRI, KEJAGUNG SITA ASET TANAH DAN GEDUNG MILIK BENNY TJOKROSAPUTRO   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN KPK HARUS MEMILIKI SDM TERBAIK DAN BERKOMITMEN TINGGI DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI   PRESIDEN JOKOWI MINTA KPK, KEMENPAN-RB, DAN BKN TINDAK LANJUTI NASIB 75 PEGAWAI KPK YANG TAK LULUS TWK   PRESIDEN JOKOWI: MASIH ADA PELUANG MEMPERBAIKI BAGI 75 PEGAWAI KPK YANG TAK LULUS TWK