Kompas TV regional berita daerah

Intip Ketan, Kuliner Khas di Bulan Ramadhan

Kompas.tv - 17 April 2021, 21:02 WIB

KUDUS, KOMPAS.TV - Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi para penjual makanan tradisional, di kawasan Menara Kudus, Jawa Tengah, terdapat salah satu penjual makanan tradisional yang diberi nama intip ketan.

 

Sesuai dengan namanya makanan tersebut terbuat dari bahan baku nasi ketan yang ditaburi dengan parutan kelapa, dan dipanaskan diatas penggorengan tanpa menggunakan minyak, hingga warnanya berubah menjadi kehitaman, atau dalam bahasa jawa menjadi intip.  

 

Banyak pembeli yang memang sengaja datang ke Menara Kudus untuk bisa mendapatkan intip ketan, karena makanan yang sudah diwariskan turun temurun tersebut rasanya enak dan tidak membosankan apalagi di tengah maraknya makanan instan, kehadiran intip ketan bisa menjadi alternatif makanan tradisional yang sehat dan enak untuk dinikmati.

 

Sementara itu menurut salah seorang pembuat intip ketan, makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar nasi ketan ini cukup banyak diminati, karena akan sulit didapatkan di luar bulan ramadhan,

 

Makanan tradisional intip ketan ini konon sudah ada sejak zaman sunan Kudus dan masih dipertahankan hingga sekarang, untuk mendapatkan satu porsi intip ketan anda cukup membelinya dengan harga dua ribu lima ratus rupiah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.