Kompas TV nasional sosial

Terdampak Siklon Surigae, Ini Wilayah yang Bakal Hujan Petir dan Gelombang Tinggi

Kompas.tv - 17 April 2021, 20:24 WIB
terdampak-siklon-surigae-ini-wilayah-yang-bakal-hujan-petir-dan-gelombang-tinggi
Ilustrasi: logo BMKG. (Sumber: BMKG)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS. TV – Sejumlah daerah di Indonesia terdampak secara tidak langsung Siklon Surigae yang bakal menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diserta kilat dan petir.

Siklon Surigae juga bakal menyebabkan gelombang tinggir air laut sejumlah daerah. Namun cuaca di sekitar Jabodetabek tidak akan terlalu terpengaruh.

Penjelasan terbaru mengenai dampak SIklon Surigae ini disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Sabtu (17/4/2021).

Dalam keterangan persnya Guswanto menjelaskan hujan lebat disertai petir dan angin kencang antara lain bakal terjadi di Wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Papua Barat.

Sementara dampak berupa tinggi gelombang laut bakal mencapai 1,25 hingga 2,5 meter.

Diprediksi dampak tinggi gelombang berpeluang terjadi di Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung-Likupang, Laut Maluku, perairan Selatan Sulawesi Utara, perairan Keluan Halmahera, Laut Halmahera, perairan Raja Ampat bagian Utara, perairan Manokwari, perairan Biak, Teluk Cendrawasih bagian utara dan perairan Jayapura-Sarmi.

Gelombang yang lebih tinggi yakni mencapai 2,5 hingga 4 meter berpeluang terjadi di Samudra Pasifik Utara Halmahera serta Samudra Pasifik Utara Jayapura. Bahkan di Samudra Pasifik Utara Papua Barat hingga Biak, gelombang diperkirakan mencapai 4 sampai 6 meter.

Namun untuk wilayah Jabodetabek sendiri Siklon tropis Surigae yang saat ini berada di Samudra Pasifik Utara tidak akan mempengaruhi langsung cuaca. Hal ini karena jarak yang terlalu jauh.

"Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Namun cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu, dan perlambatan angin di atas Banten - Jawa Barat," katanya.  

Dia menjelaskan, sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Bengkulu tersebut membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan barat Lampung hingga Samudra Hindia barat Lampung yang menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang sistem sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konfluensi.

BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Sumatra Utara bagian selatan, dari Teluk Bone hingga Sulawesi Barat bagian utara.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi awan hujan di sepanjang wilayah konvergensi tersebut," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Guswanto, siklon tropis Surigae sendiri diprediksi tidak melintasi wilayah Indonesia, tapi cenderung menjauh. Saat ini Siklon Tropis Surigae berada di Samudra Pasifik utara Papua Barat, 10.6LU, 131.3 BT atau sekitar 1310 km sebelah utara barat laut Manokwari.

Siklon bergerak ke arah barat, dengan kecepatan 18 km/jam, bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kekuatan 80 knot (150 km/jam) dan tekanan 955 hPa. Diprediksikan dalam 24 jam ke depan Intensitas Siklon Tropis Surigae  diperkirakan akan meningkat dan bergerak ke barat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.