Kompas TV internasional kompas dunia

SpaceX Menangkan Kontrak Rp43 Triliun dari NASA untuk Kembangkan Wahana Pendarat di Bulan

Sabtu, 17 April 2021 | 18:57 WIB
spacex-menangkan-kontrak-rp43-triliun-dari-nasa-untuk-kembangkan-wahana-pendarat-di-bulan
Ilustrasi SpaceX Starship yang akan membawa astronot NAS ke permukaan bulan. (Sumber: SpaceX via nasa.gov)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, berhasil memenangkan kontrak senilai USD3 miliar atau setara dengan Rp43 triliun untuk mengembangkan wahana pendarat di bulan.

Wahana pendarat di satelit alami Bumi ini akan menempatkan perempuan dan orang kulit berwarna di bulan untuk pertama kalinya. Seperti diketahui, tidak ada yang menginjakkan kaki di bulan selama 50 tahun.

Melansir dari DW, Sabtu (17/4/2021), Badan Antariksa Amerika Serikat NASA, mengatakan bahwa pihaknya telah memilih SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa, untuk mengembangkan pendarat komersial pertama.

Baca Juga: Isi Suara Lola Bunny, Zendaya Resmi Bergabung di Film 'Space Jam: A New Legacy'

NASA berencana meluncurkan empat astronot di pesawat luar angkasa Orion ke orbit bulan. Di sana, dua astronot akan dipindahkan ke SpaceX Starship untuk melanjutkan perjalanan ke bulan. SpaceX Starship ini memiliki kabin dan dua kunci udara moonwalk dan berencana menggunakan kembali untuk misi perjalanan luar angkasa lainnya.

"Kami tidak akan berhenti di bulan," kata Pejabat Administrasi NASA, Steve Jurczyk.

Pihak NASA tidak memberikan tanggal pasti peluncuran program wahana pendarat ini, namun Kepala Kantor Eksplorasi Manusia NASA, Kathy Lueders memberikan bocoran bahwa peluncuran kemungkinan akan dilakukan dalam dekade ini.

"Kami akan melakukannya jika sudah aman," tutur Leuders.

Baca Juga: Susul Elon Musk dan Mark Zuckerberg, 2 Pendiri Google Masuk Klub 100 Miliar Dollar AS

Diketahui, SpaceX berhasil memenangkan kontrak NASA setelah bersaing dengan pesaing, seperti Blue Origin dan Dynetics.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19