Kompas TV nasional politik

Sekjen PBB Sepakat dengan Gagasan Anies Soal Mengatasi Dampak Perubahan Iklim di Perkotaan

Kompas.tv - 17 April 2021, 18:32 WIB
sekjen-pbb-sepakat-dengan-gagasan-anies-soal-mengatasi-dampak-perubahan-iklim-di-perkotaan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dialog virtual yang dihadiri Sekjen PBB Sekjen PBB Antonio Gutteres, Ketua C40 dan asosiasi kota besar di dunia (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkesempatan menyampaikan gagasan dan terobosan terkait perubahan iklim yang ada di kota-kota seluruh dunia.

Gagasan tersebut disampaikan dalam dialog virtual bertema Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilient Recovery for Cities and Nations, Jumat (16/4/2021).

Dialog yang dihadiri Sekjen PBB Antonio Gutteres, Ketua C40 dan asosiasi kota besar di dunia itu Anies menyampaikan tiga usulan kepada PBB untuk membantu kota-kota di dunia mengatasi dampak perubahan lingkungan.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Warga DKI, Gubernur Anies Panen Padi Sampai ke Cilacap

Pertama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.

Kedua, PBB juga perlu secara organisasional mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

Ketiga, dalam rangka menuju COP 26, PBB perlu mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif, untuk dieksekusi pada level lokal.

Menurut Anies, Sekjen Gutteres menyatakan setuju sepenuhnya dan siap menindaklanjuti usulan dari Jakarta.

Baca Juga: Anies Ingatkan Masyarakat Kisah Perang Uhud Terkait Covid-19, Maksudnya Apa?

“Menurutnya hal-hal yang diusulkan sangat mungkin dikerjakan oleh PBB sehingga dukungan ini bukan sekadar wacana melainkan dapat diterjemahkan ke dalam program-program dari tingkat pusat hingga lokal,” ujar Anies melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (17/4/2021).

Anies menambahkan saat mendengar pernyataan Sekjen Gutteres, moderator dialog David Miller, Director of International Diplomacy for C40 Cities, menilai dialog ini dapat memengaruhi PBB hanya dengan waktu bicara 2 menit.

“Inilah ikhtiar Jakarta, ikhtiar kita semua untuk ikut mewarnai arah kebijakan dunia. Demi menyelamatkan lingkungan hidup, demi generasi masa depan,” ujar Anies.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x