Kompas TV regional berita daerah

Menengok Kampung Terapi Hijau, Maksimalkan Gang Sempit Untuk Terapi Hingga Penghijauan

Minggu, 18 April 2021 | 07:01 WIB

MALANG-KOMPAS.TV-Sebuah kampung di Kota Malang memaksimalkan gang sempit, dan mengajak warganya hidup sehat serta melakukan penghijauan.

Adalah Kampung Terapi Hijau, yang terletak di RW 3 Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Kota Malang.

Kampung ini menjadi bukti bahwa keterbatasan lahan bukanlah alasan, untuk warga bisa tetap hidup sehat.

Berbasis lingkungan, kampung ini tertata serta hijau.

Di sepanjang gang anda akan menemui refleksi batu terapi.

Warga lintas usia, mulai anak anak, pemuda hingga lansia, memanfaatkannya untuk berolahraga setiap pagi maupun sore hari.

Terapi refleksi kaki ini juga menjadi sarana warga melakukan deteksi kesehatan, karena dipercaya bisa mengurai simpul simpul saraf di kaki.

Sementara itu setiap rumah bisa dipastikan memiliki tanaman. Mulai toga, hidroponik hingga sayuran.

"Kampung ini memang berbasis lingkungan. Setiap rumah memang memiliki tanaman. Awalnya memang ada yang keberatan, lalu kita menerapkan swadaya, warga yang mampu menyumbang tanaman bagi warga yang tidak mampu" cerita Ketua kelompok sadar wisata Kampung Terapi Hijau.

Tidak hanya penghijauan maupun sarana terapi, kini kampung ini juga memiliki terapi membatik.

Total ada 15 ibu rumah tangga dan karang taruna dari masing masing RT. yang menekuni membatik bersama setiap hari Jumat.

Membatik bersama dipercaya bisa meningkatkan kesabaran, serta menjadi sarana melepas stres

Hasil dari membatik ini juga bisa meningkatkan perekonomian warga, karena telah dijual ke masyarakat umum.

#kampungterapihijau

Penulis : KompasTV Malang





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:12
PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENAIKKAN PANGKAT 56 PERWIRA TINGGI   MALAYSIA BERLAKUKAN KEBIJAKAN BARU PEMBATASAN GERAK "LOCKDOWN" NASIONAL MULAI BESOK HINGGA 7 JUNI 2021   KEMENAG MENETAPKAN IDUL FITRI ATAU 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH JATUH PADA KAMIS, 13 MEI 2021    DISPERINDAG SEBUT STOK PANGAN DI TANGSEL AMAN JELANG LEBARAN MESKI HARGA NAIK   PEMKOT TANGSEL MEMINTA MASYARAKAT TAK GELAR ACARA HALALBIHALAL SAAT IDUL FITRI   KETUA KPK FIRLI BAHURI TEGASKAN PIHAKNYA TAK PERNAH PECAT PEGAWAI YANG TIDAK LOLOS TWK   KABUPATEN MAGELANG MASUK ZONA ORANYE, SEMUA OBYEK WISATA TUTUP SELAMA LIBUR LEBARAN    BKN: PEGAWAI KPK YANG PENUHI SYARAT TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) AKAN DILANTIK 1 JUNI 2021   SATGAS SEBUT DAERAH BERSTATUS ZONA ORANYE, MAYORITAS BERADA DI PROVINSI YANG MENJADI TUJUAN MUDIK   SATGAS: SAAT INI ADA 12 DAERAH BERSTATUS ZONA MERAH DAN 324 DAERAH BERSTATUS ZONA ORANYE COVID-19   HINGGA 11 MEI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.723.596 ORANG, 1.580.207 SEMBUH, DAN 47.465 MENINGGAL DUNIA   SATGAS COVID-19 MINTA PANITIA SHALAT IDUL FITRI CARI TAHU INFORMASI SOAL STATUS ZONASI RT DI DOMISILI MASING-MASING    SATGAS COVID-19 INGATKAN SHALAT IDUL FITRI BERJEMAAH DI LUAR RUMAH HANYA UNTUK WILAYAH ZONA KUNING DAN HIJAU   KEMENKES: JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA MENCAPAI 8.888.529 ORANG