Kompas TV religi beranda islami

Puasa Halau Penyakit - KALAM HATI

Kompas.tv - 18 April 2021, 03:33 WIB
Penulis : Luthfan

Surat Al-Baqarah ayat 183 menjelaskan tentang kewajiban puasa Ramadhan, Allah Ta’ala berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan kepada kalian puasa, sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, mudah-mudahan kalian bertakwa.”

Selain mengikuti perintah Allah SWT, puasa di bulan Ramadhan memiliki tujuan lain, di antaranya menguatkan rasa empati kepada orang yang lebih membutuhkan serta meningkatkan disiplin diri dalam pola hidup dan kesehatan.

Manfaat kesehatan tersebut seperti sistem meningkatkan metabolisme tubuh dan berpuasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Menjalani puasa di tengah pandemi corona, Insya Allah orang tersebut diberikan perlindungan serta kekuatan oleh Allah SWT. Pola makan dan istirahat yang teratur selama satu bulan penuh akan membuat orang yang berpuasa jauh lebih sehat dan meningkatkan imunitas tubuh.

Ustaz Erick Yusuf menyatakan bahwa Allah tidak mungkin memberikan perintah kepada hamba-Nya kalau itu ternyata lebih banyak mudharat. Ia menambahkan bahwa Allah tidak akan memberatkan kita, apa yang diperintahkan oleh Allah tersebut adalah untuk hamba-Nya.

Seperti yang tertulis pada Surat Al-Baqarah ayat 286: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x