Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Sejarah Land Rover yang Membawa Jenazah Pangeran Philip

Kompas.tv - 17 April 2021, 17:23 WIB
inilah-sejarah-land-rover-yang-membawa-jenazah-pangeran-philip
Land Rover versi pertama, dengan setir yang masih di tengah dan cat yang menggunakan cat pesawat tempur (Sumber: Land Rover)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

 

LONDON, KOMPAS.TV - Pangeran Philip, fans berat Land Rovers dan mengemudikannya hampir sepanjang hidupnya, akan melakukan perjalanan terakhirnya di atas sebuah mobil merek tersebut yang telah dimodifikasi sesuai dengan arahannya dan diberi warna hijau militer.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu, (17/04/2021), Land Rover TD5 130 yang dimodifikasi itu akan membawa peti mati Pangeran Philip dalam prosesi pemakaman di Kastil Windsor pada hari Sabtu, (17/04/2021). Ratu dan anggota keluarga kerajaan lainnya mengikuti sebelum upacara pemakaman di Kapel St. George.

Pihak Istana Buckingham mengatakan, mobil jenazah pangeran Philip dibangun di pabrik Land Rover di Solihull pada tahun 2003, ketika Philip berusia 82 tahun, dan dimodifikasi selama bertahun-tahun dengan bagian belakang terbuka untuk mengangkat peti matinya.

Perubahan terakhir dilakukan hingga 2019 ketika Pangeran Philip menginjak usia 97 tahun. Philip meninggal 9 April 2021 pada usia 99 tahun.

Modifikasi Land Rovers itu antara lain, Philip meminta agar dicat ulang dengan warna hijau perunggu tua, warna yang digunakan pada Land Rover militer Inggris.

Baca Juga: Inilah Daftar Lengkap Pelayat Pemakaman Pangeran Philip, Suami Ratu Inggris Elizabeth II

Land Rover polos dengan tampilan militernya mencerminkan pria itu sendiri, mantan perwira angkatan laut yang blak-blakan.

Inilah sejarah Land Rover yang Membawa Jenazah Pangeran Philip.

Land Rover Seri I

Land Rover versi sangat awal, yang menjadi pionir mobil segala medan dari Eropa yang kemudian disaingi oleh Mercedes G class (Sumber: Land Rover)

Tak lama setelah Perang Dunia Kedua berakhir, Managing Director Rover, Spencer Wilks, memiliki rencana untuk menghidupkan kembali penjualan perusahaan yang lesu di pasar pascaperang.

Dia menugaskan saudaranya Maurice - yang merupakan kepala desainer Rover pada saat itu - untuk membuat kendaraan yang dirancang, terutama untuk keperluan pertanian demi membantu mendatangkan pendapatan yang sangat dibutuhkan sampai pasar mobil mewah bangkit kembali.

Hal ini menyebabkan momen yang tertanam dalam sejarah Land Rover ketika Wilks bersaudara membuat sketsa garis besar visi mereka tentang Seri I, di pasir Red Wharf Bay di Anglesey.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x