Kompas TV nasional sosial

Dukung Program MBKM, Kementerian ATR/BPN Buka Kesempatan Magang untuk Mahasiswa

Kompas.tv - 17 April 2021, 17:18 WIB
dukung-program-mbkm-kementerian-atr-bpn-buka-kesempatan-magang-untuk-mahasiswa
Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) (Sumber: Kementerian ATR/BPN)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menunjukan dukungan terhadap Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan membuka kesempatan magang bagi mahasiswa.

“Kegiatan ini akan memberikan peserta magang pengalaman yang cukup dengan belajar langsung di dunia kerja khususnya pada bidang pertanahan di Kementerian ATR/BPN,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati di Jakarta, Jumat (16/04/2021).

Baca Juga: Pengumpulan Data Pribadi untuk PTSL Hanya di Laman Resmi Kementerian ATR/BPN yang Berdomain .go.id

Program ini, dijelaskan Yulia, tak hanya mengajak peserta magang untuk terlibat langsung dalam pengerjaan tugas dan fungsi Kementerian ATR/BPN, namun juga melatih hardskill dan softskill.

Keterampilan mengenai pertanahan, problem solving dan analytical skill pastinya akan didapatkan peserta, di samping itu juga kemampuan berkomunikasi, etika baik dalam bekerja maupun bersosialisasi, dan juga kerja sama.

Dengan magang, peserta akan turun langsung di dunia kerja sehingga mendapatkan pengalaman bagaimana menghadapinya yang seringkali tidak didapat di bangku kuliah.

Baca Juga: Program Magang Kerja Bakti BCA, Lulusan D3 dan S1 Silakan Mendaftar

Ditambah lagi, karena para peserta akan turun langsung di dunia kerja sehingga mendapatkan pula pengalaman bagaimana menghadapinya yang sering kalitidak didapat di bangku kuliah. 

“Kami mengajak universitas untuk berpartisipasi dan memfasilitasi mahasiswanya mengikuti program Kementerian ATR/BPN ini,” ungkap Yulia.

Bagi mahasiswa yang berminat, pendaftaran program ini akan dibuka mulai 16 April 2021 hingga 17 Mei 2021 lewat tautan http://ppsdm.atrbpn.go.id sekaligus untuk mengetahui persyaratannya.

Baca Juga: Kementerian ATR/BPN Jamin Sertifikat Tanah Elektronik Aman dari Pemalsuan Tanda Tangan

Secara umum syarat-syaratnya adalah mahasiswa yang terdaftar aktif universitas, telah menempuh minimal lima semester, IPK 2.50 dan memiliki etos kerja tinggi

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kementerian ATR/BPN ini dikoordinasikan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM). Peserta magang yang mendaftar akan di seleksi oleh tim seleksi.

Peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Tata Ruang, Direktorat Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, dan Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah dan Direktorat Jenderal Penataan Agraria.

Baca Juga: Sertifikat Tanah akan Berubah Jadi Dokumen Elektronik, Kementerian ATR/BPN: Efektif Cegah Pemalsuan

Kemudian di Biro Organisasi dan Kepegawaian, Biro Hubungan Masyarakat, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Pusat Data dan Informasi Pertanahan Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x