Kompas TV video cerita indonesia

Seniman Kenalkan Jaipongan Lewat Lukisan

Kompas.tv - 17 April 2021, 03:40 WIB
Penulis : Herwanto

BANDUNG, KOMPAS.TV - Di tempat inilah, Zulfi Akmasnyah menciptakan berbagai hasil karyanya. potlot art and painting, yang terletak di kawasan cisitu, kota bandung, puluhan hasil karya bang Zoel, sapaan akrab zulfi tersimpan di sini.

Meski begitu, jangan heran jika semua hasil lukisan yang terpampang hanyalah lukisan penari jaipong. Sudah lebih dari 25 tahun, bang Zoel, fokus melukis lekuk dan gerakan para penari jaipong yang merupakan tarian khas Jawa Barat.

Hasil karyanya ini sudah sering dipamerkan di berbagai pameran, dan diminati hingga ke mancanegara. Lukisan tari jaipong bang Zoel sudah dibeli hingga ke negara Thailand, Amerika, hingga Eropa.

Yang menarik dari lukisan penari jaipong dengan teknik ekspresif hasil karya bang Zoel, yakni beberapa hasil karyanya sering kali merespon isu yang sedang dihadapi, baik dalam skala nasional, maupun global. Seperti lukisan penari jaipong, dengan topi Michael Jackson ini misalnya, ia beri judul hasil karyanya "kupinjam topi Michael".

Lukisan ini dibuat untuk menghormati bintang pop dunia yang saat itu tutup usia. Ada juga lukisan yang ia beri judul "waspada". Ini menceritakan bagaimana para penari jaipong harus waspada di masa pandemi, dengan taat protokol kesehatan, saat akan melakukan pentas dengan mengenakan masker dan face sheild.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x