Kompas TV video cerita indonesia

Bubur Suro, Menu Berbuka Puasa Khas Ramadan Masjid Suro Palembang

Kompas.tv - 17 April 2021, 03:32 WIB
Penulis : Herwanto

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Di Palembang ada satu kuliner khas yang hanya bisa ditemui saat Ramadan, namanya Bubur Suro yang dibuat di Masjid Al-Mahmudiyah atau Masjid Suro.

Bubur yang terbuat dari beras dan daging sapi itu, dibagikan pada warga setempat sebagai menu berbuka puasa. Masjid Al-Mahmudiyah atau Masjid Suro, di Kelurahan 30 Ilir Palembang punya kuliner khas saat Ramadan, Bubur Suro.

Bubur ini cukup unik karena hanya dibuat diwaktu tertentu yakni saat Ramadan dan tanggal 10 bulan Muharam. Pembuatan bubur suro sudah menjadi tradisi turun temurun dan masih berlangsung hingga kini.

Bubur terbuat dari bahan utama beras yang direndam dalam air selama 5 jam dan daging sapi. Untuk pembuatan 100 porsi bubur, dibutuhkan 4 kilogram beras dan 2 kilogram daging sapi yang dicampur aneka bumbu dan rempah-rempah.

Agar lebih nikmat, ditambahkan irisan daun seledri. Untuk menghindari gosong bubur harus selalu diaduk terus menerus. Pembuatannya berlangsung sekitar 2,5 jam. Jelang waktu berbuka, Bubur Suro siap dibagikan pada jemaah masjid dan warga sekitar. Saat Ramadan, Bubur Suro sudah menjadi menu khas untuk berbuka puasa.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x