Kompas TV religi beranda islami

Murottal Surat Al Baqarah 1-15

Kompas.tv - 16 April 2021, 22:19 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Surah al-Baqarah dijelaskan memiliki banyak keutamaan, utamanya dalam hadits-hadits shahih. Diantaranya adalah,

  :   :   

Dari Abu Umamah al-Bahili Radhiyallahu anhu dia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Bacalah surah al-Baqarah, karena sesungguhnya selalu menetapinya mendatangkan keberkahan, sedangkan meninggalkannya akan mengakibatkan penyesalan, dan para tukang sihir tidak akan mampu melakukannya. [HR. Muslim no.804]

Yang dimaksud dengan selalu menetapi surah ini adalah merutinkan membacanya, memahami kandungan dan mengamalkannya (Faidhul Qadiir 2/63).

Sedangkan Arti ‘meninggalkannya akan mengakibatkan penyesalan’ adalah penyesalan dan kerugian karena luputnya pahala dan keutamaan yang agung dengan selalu menetapinya.

Adapun makna ‘para tukang sihir tidak akan mampu melakukannya’ yaitu mereka tidak akan mampu menghafal surah ini, atau mereka tidak akan mampu mengganggu orang yang selalu membacanya. (Tafsir Ibni Katsir 1/57).

Kemudian kata al-bathalah (para pelaku kebatilan atau kerusakan) dalam hadits ini artinya adalah para pelaku sihir, sebagaimana yang ditafsirkan oleh salah seorang rawi hadits ini, (Shahih Muslim 1/553).

Dan penafsiran ini benar, karena mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat syirik dan kerusakan di muka bumi.
 

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x