Kompas TV nasional berita utama

KPPU: Harga Bahan Pokok Alami Kenaikan pada Triwulan I 2021, Khususnya saat Mendekati Ramadan

Jumat, 16 April 2021 | 18:31 WIB
kppu-harga-bahan-pokok-alami-kenaikan-pada-triwulan-i-2021-khususnya-saat-mendekati-ramadan
Pasar Benhil, Jakarta Pusat. (Sumber: Instagram @Hariankompas)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama triwulan pertama 2021, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), mengidentifikasi sejumlah komoditas yang harganya cukup bergejolak.

Berdasarkan pantauan lapangan yang disampaikan pada konferensi pers daring Hasil Pantauan KPPU terhadap Komoditas Pangan di Awal Ramadan Jumat (16/4/2021), secara keseluruhan daging ayam, telur ayam, daging sapi, cabai, dan bawang merupakan komoditas yang mengalami kenaikan harga. 

Deputi Bidang Kajian dan Advokasi KPPU, Taufik Ariyanto, memaparkan data yang diperoleh dari lapangan tiap masing-masing Kantor Perwakilan (Kanwil). 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pemerintah Kebut Perbaikan Jalan Rusak di Jember

Untuk Kanwil I yang meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Riau, Kep. Riau, dan sekitarnya daging sapi dan cabai mengalami kenaikan harga sebesar 16%. Bawang disebut juga mengalami kenaikan tetapi tidak signifikan. 

Harga pasokan Kanwil II yang meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung justru relatif stabil. 

Sementara untuk Kanwil III yang meliputi Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta, terjadi lonjakan harga sekitar 10-15% pada komoditas daging dan telur ayam, juga daging sapi. 

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:41
ARSENAL RAIH 3 POIN SETELAH KALAHKAN CHELSEA 1-0 DI LAGA PEKAN KE-36 LIGA PRIMER INGGRIS   ASOSIASI BULU TANGKIS SINGAPURA (SBA) DAN FEDERASI BULU TANGKIS DUNIA UMUMKAN SINGAPORE OPEN 2021 BATAL DIGELAR   WAGUB SUMATERA BARAT AUDY JOINALDY SEBUT POTENSI ZAKAT BERI DAMPAK POSITIF PEREKONOMIAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI SEBUT LEBARAN TAHUN INI LEBIH SEMARAK DIBANDING TAHUN SEBELUMNYA   PEMKOT TANGERANG AJAK MASYARAKAT UNTUK MENDOAKAN UMAT MUSLIM DI PALESTINA   KEMENTERIAN KESEHATAN AKAN PERCEPAT PROSES VAKSINASI COVID-19 USAI LEBARAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI AKUI PEMUDIK JALUR DARAT BUAT PETUGAS KEWALAHAN   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI AJAK MASYARAKAT INDONESIA UNTUK BERIKHTIAR KELUAR DARI PANDEMI   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS: SEMOGA IBADAH SAAT PANDEMI DAPAT TINGKATKAN KETAKWAAN   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE AJAK MASYARAKAT SILATURAHMI LEBARAN SECARA DIGITAL   RIBUAN ANGGOTA JEMAAH LAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID AL-AZHAR, JAKARTA SELATAN   GELAR SHALAT ID, MASJID KERAMAT LUAR BATANG DIPADATI JEMAAH   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN LAKSANAKAN SHALAT ID DI RUMAH PRIBADI DAN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   PRESIDEN JOKOWI DAN IBU NEGARA LAKSANAKAN SHALAT ID DI HALAMAN ISTANA BOGOR, JAWA BARAT