Kompas TV religi beranda islami

Puasa Sehat di Tengah Pandemi - KALAM HATI

Kompas.tv - 17 April 2021, 03:33 WIB
Penulis : Luthfan

Bulan Ramadhan menyimpan banyak manfaat dan keberkahan bagi kaum Muslimin yang menjalankan puasa Ramadhan. Kesehatan badan dengan berpuasa menjadi salah satu manfaatnya.

Makan secara teratur dan memfilter konsumsi makanan merupakan faktor penting untuk meningkatkan kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Hal ini juga dilakukan oleh Rasulullah SAW untuk menjaga kesehatan di bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda, "Tasahharu fainna fissahuri barokah.” yang artinya “makan sahurlah kalian, karena di dalam sahur ada keberkahan.

Disunnahkan mengakhiri waktu makan sahur dengan waktu yang tak jauh dari saat terbit fajar, sebab Rasulullah SAW melakukan sahur saat menjelang imsak. 

Tubuh mempunyai tenggang waktu yang cukup guna membakar makanan untuk dirubah menjadi kalori (energi), sehingga badan tidak akan lemas pada siang hari.

Telah diriwayatkan dari Anas Radhiyallahu ‘ahu, dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya dia pernah berkata: “Kami pernah makan sahur bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah itu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam langsung berangkat shalat”. Aku tanyakan : “Berapa lama jarak antara adzan dan sahur?” Dia menjawab, ”Kira-kira sama seperti bacaan lima puluh ayat.” [Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, 1V/118 dan Imam Muslim, 1097].

Demikian juga Rasulullah telah memerintahkan untuk berbuka puasa dengan kurma. Jika tak memiliki kurma, maka hendaklah dengan air.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, dia bercerita: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, biasa berbuka dengan beberapa buah ruthab (kurma segar) sebelum mengerjakan shalat. Jika beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mendapatkan ruthab, maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan beberapa buah tamr (kurma masak yang sudah lama dipetik). Dan jika tidak mendapatkan tamr, maka beliau meminum air.”

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x