Kompas TV klik360 cerita indonesia

BPOM : Vaksin Merah Putih Bisa Diproduksi Massal Awal 2022

Jumat, 16 April 2021 | 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala BPOM Penny Lukito mengungkapkan, pada awal tahun 2022 mendatang, vaksin merah putih sudah bisa diproduksi secara massal.

Hal ini disampaikan saat memberikan keterangan pers yang disampaikan secara online melalui akun Youtube resmi BPOM RI pada Jumat (16/4).

Ia menyebut, saat ini ada dua vaksin merah putih yang tengah dikembangkan, yakni  vaksin yang tengah dikembangkan oleh Unair dan vaksin yang diteliti oleh lembaga Eijkman.

Vaksin yang dikembangkan oleh Univeristas Airlangga bisa diproduksi secara massal pada awal tahun 2022.

"Kira-kira uji klinis selesai 2021 selesai jadi awal bulan dari 2022 harapannya adalah sudah bisa diproduksi secara massal," ungkapnya dalam video tersebut (16/4).

Baca Juga: Uji Klinis Vaksin Nusantara Belum Sesuai Kaidah, ITAGI Ingatkan 3 Poin Penting dalam Penelitian

Sementara itu, vaksin yang diproduksi oleh lembaga Eijkman diharapkan dapat diproduksi secara massal pada pertengahan tahun 2022.

“Akhir semester I 2022, emergency use authorization bisa diberikan, artinya uji klinik sudah selesai. Harapannya adalah pada semester kedua dari 2022 sudah bisa diproduksi. Dan dalam waktu yang bersamaan secara paralel disiapkan fasilitas produksinya”, tambahnya.

Penny berharap, proses pengerjaan vaksin merah putih dapat berjalan sesuai timeline, atau bahkan lebih cepat.  

"Ini timeline sudah ada dan akan kita kejar, mudah-mudahan bisa ada percepatan," lanjut dia.

Penulis : Abdur Rahim





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:18
PENDAFTARAN NEW YORK MARATHON 2021 DIMULAI PADA 8 JUNI DENGAN MAKSIMAL 33.000 PESERTA   SRI SULTAN HB X: LAGU KEBANGSAAN "INDONESIA RAYA" HARUS DIPERDENGARKAN SETIAP PUKUL 10.00 WIB   SRI SULTAN HB X TERBITKAN EDARAN WAJIB KUMANDANGKAN LAGU KEBANGSAAN “INDONESIA RAYA” DI RUANG PUBLIK SETIAP HARI   KARO HUMAS KEMNAKER SEBUT PERMOHONAN PENGGUNAAN TKA MASIH DIHENTIKAN SEMENTARA   DITJEN PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DAN RISIKO SEBUT PEMERINTAH BERENCANA MENARIK UTANG RP 323,4 T PADA KUARTAL II-2021   DIRUT PERUM BULOG BUDI WASESO SEBUT BULOG PUNYA UTANG RP 14 T KEPADA BANK BUMN UNTUK CADANGAN BERAS PEMERINTAH   SEJUMLAH PERUSAHAAN DI JATIM MENCICIL THR AGAR KARYAWAN TIDAK MUDIK SESUAI INSTRUKSI PEMERINTAH   POLRES KLATEN, JATENG, TETAPKAN 5 TERSANGKA ATAS PERISTIWA MELEDAKNYA PETASAN YANG DIBAWA MENGGUNAKAN BALON UDARA   SEMUA TEMPAT WISATA DI KARAWANG DITUTUP SEMENTARA HINGGA 30 MEI 2021 GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   BARESKRIM POLRI MASIH PERBAIKI BERKAS PERKARA "UNLAWFULL KILLING" TERHADAP 4 ANGGOTA LASKAR FPI   OPERASIONAL MRT JAKARTA KEMBALI NORMAL SETELAH PERIODE LIBUR LEBARAN 12-16 MEI 2021   PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) SKALA MIKRO DI DKI JAKARTA DIPERPANJANG HINGGA 31 MEI 2021   PRESIDEN JOKOWI MINTA PEMDA TEKAN KETERISIAN RS RUJUKAN COVID-19 HINGGA DI BAWAH 50%   PRESIDEN JOKOWI: 15 PROVINSI MENGALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF COVID-19