Kompas TV regional berita daerah

Intip ketan, Camilan Tradisional di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 16 April 2021, 16:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Kabupaten Kudus tidak hanya memiliki kuliner soto kerbau dan lentog yang rasanya terkenal lezat, ternyata Kabupaten Kudus juga memiliki kuliner yang hanya ada di saat bulan Ramadan yakni intip ketan. Camilan tradisional ini cara pengolahannya mirip dengan kerak telor makanan khas Jakarta.

Rasanya gurih dan sedikit manis. Camilan ini menjadi sangat spesial karena tidak setiap hari bisa dijumpai dan hanya ada di bulan Ramadan. Nama camilan ini adalah intip ketan. Sesuai dengan namanya, intip ketan tersebut terbuat dari bahan baku nasi ketan yang ditaburi dengan parutan kelapa dan dipanaskan diatas penggorengan tanpa menggunakan minyak, hingga warnanya berubah menjadi kehitaman atau dalam bahasa Jawa menjadi intip atau kerak.

Banyak pembeli yang sengaja datang ke Menara Kudus untuk bisa mendapatkan intip ketan karena makanan yang sudah diwariskan turun temurun tersebut rasanya enak dan tidak eneg. Camilan intip ketan bisa menjadi alternatif makanan tradisional yang sehat dan enak untuk dinikmati.

Camilan tradisional intip ketan ini konon sudah ada sejak masa Sunan Kudus dan masih dipertahankan hingga sekarang. Untuk mendapatkan camilan intip ketan anda cukup membelinya dengan harga 2.500 rupiah.

#IntipKetan #Camilan #Kudus
 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x