Kompas TV regional berita daerah

Masjid Taqwa Sekayu, Masjid Tertua di Kota Semarang

Jumat, 16 April 2021 | 15:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Wujud dari penyebaran agama Islam di Kota Semarang ditandai dengan banyaknya peninggalan masjid-masjid kuno. Salah satunya adalah Masjid Taqwa Sekayu yang berada di pusat Kota Semarang. Bahkan Masjid Taqwa Sekayu disebut sebagai masjid tertua di Jawa Tengah.  

Sekilas Masjid Taqwa Sekayu yang berada di Kampung Sekayu Kota Semarang tidak berbeda seperti masjid lain yang ada di Kota Semarang. Namun siapa sangka Masjid Taqwa Sekayu yang dulu bernama Masjid Pekayuan dan dibangun pada tahun 1413 ini adalah masjid tertua di Kota Semarang bahkan di Jawa Tengah.

Masjid bercat putih yang terdiri dari dua lantai ini ramai dikunjungi umat muslim yang ingin beribadah, terlebih saat bulan Ramadan. Ketua takmir Masjid Taqwa Sekayu, Ahmad Arief mengatakan masjid ini dibangun oleh seorang ulama asal Cirebon, Kiai Kamal yang merupakan tokoh agama kepercayaan Sunan Gunung Jati. Dulu bangunan Masjid Taqwa adalah kayu jati dan keunikan dari masjid ini yang masih bisa dilihat adalah di dalam masjid terdapat 4 kayu penyangga dan berada di ruang salat kaum lelaki. Selain itu pintu masuk masjid juga masih terjaga keasliannya. 

Hingga kini, Masjid Taqwa Sekayu masih menarik perhatian umat muslim dari berbagai daerah untuk sekedar singgah dan manyaksikan secara langsung keistimewaan Masjid Taqwa Sekayu. Diharapkan masjid ini bisa menjadi destinasi religi seperti Masjid Agung Jawa Tengah dan tempat ibadah bersejarah lainnya di Kota Semarang.

#MasjidTaqwaSekayu #MasjidTertua #KotaSemarang

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:45
MULAI HARI INI, KENDARAAN BERAT DILARANG MELINTASI JEMBATAN PLOSO DI JOMBANG KARENA USIA JEMBATAN MAKIN TUA   SEBANYAK 127 KENDARAAN DIMINTA PUTAR BALIK DI PERBATASAN BLITAR-MALANG, MAYORITAS TAK BAWA SURAT JALAN   POLRES TEGAL TILANG DAN MENAHAN 10 TRAVEL GELAP YANG MENGANGKUT PEMUDIK   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA PENGUSAHA BERKOMITMEN BAYARKAN THR PENUH KEPADA KARYAWAN   WALI KOTA ODED M DANIAL MOHON WARGA TIDAK MUDIK DI TENGAH KASUS COVID-19 YANG TERUS MENINGKAT   DISNAKER KOTA TANGERANG IMBAU KARYAWAN SWASTA YANG BERMASALAH PEMBAYARAN THR SEGERA MELAPOR KE POSKO PENGADUAN   KPPU: HARGA DAGING AYAM DAN SAPI NAIK KARENA MASALAH KETERSEDIAAN PASOKAN   DISHUB DKI: SIKM HANYA DIPERLUKAN UNTUK PERGERAKAN ORANG KELUAR DAERAH AGLOMERASI   DISHUB DKI SEBUT PERGERAKAN WARGA DI WILAYAH JABODETABEK TAK PERLU SIKM   TERMINAL PULO GEBANG & TERMINAL KALIDERES JADI 2 TERMINAL BUS DI JAKARTA YANG TETAP BEROPERASI SELAMA LARANGAN MUDIK   TERMINAL PULO GEBANG, JAKTIM, TAK BATASI KEBERANGKATAN BUS BERSTIKER KHUSUS SELAMA PERIODE LARANGAN MUDIK LEBARAN   AIRFAST, BATIK AIR, & GARUDA INDONESIA MASIH BEROPERASI DARI BANDARA SOEKARNO-HATTA DI HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK   POLRI: 1.070 KENDARAAN DI GT CIKARANG BARAT DAN CIKUPA DIPAKSA PUTAR BALIK DI HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK   SATGAS COVID-19: PELAKSANAAN VAKSIN GOTONG ROYONG SEDANG DIKOORDINASIKAN ANTARA BIO FARMA DAN KADIN