Kompas TV regional berita daerah

Masjid Taqwa Sekayu, Masjid Tertua di Kota Semarang

Kompas.tv - 16 April 2021, 15:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Wujud dari penyebaran agama Islam di Kota Semarang ditandai dengan banyaknya peninggalan masjid-masjid kuno. Salah satunya adalah Masjid Taqwa Sekayu yang berada di pusat Kota Semarang. Bahkan Masjid Taqwa Sekayu disebut sebagai masjid tertua di Jawa Tengah.  

Sekilas Masjid Taqwa Sekayu yang berada di Kampung Sekayu Kota Semarang tidak berbeda seperti masjid lain yang ada di Kota Semarang. Namun siapa sangka Masjid Taqwa Sekayu yang dulu bernama Masjid Pekayuan dan dibangun pada tahun 1413 ini adalah masjid tertua di Kota Semarang bahkan di Jawa Tengah.

Masjid bercat putih yang terdiri dari dua lantai ini ramai dikunjungi umat muslim yang ingin beribadah, terlebih saat bulan Ramadan. Ketua takmir Masjid Taqwa Sekayu, Ahmad Arief mengatakan masjid ini dibangun oleh seorang ulama asal Cirebon, Kiai Kamal yang merupakan tokoh agama kepercayaan Sunan Gunung Jati. Dulu bangunan Masjid Taqwa adalah kayu jati dan keunikan dari masjid ini yang masih bisa dilihat adalah di dalam masjid terdapat 4 kayu penyangga dan berada di ruang salat kaum lelaki. Selain itu pintu masuk masjid juga masih terjaga keasliannya. 

Hingga kini, Masjid Taqwa Sekayu masih menarik perhatian umat muslim dari berbagai daerah untuk sekedar singgah dan manyaksikan secara langsung keistimewaan Masjid Taqwa Sekayu. Diharapkan masjid ini bisa menjadi destinasi religi seperti Masjid Agung Jawa Tengah dan tempat ibadah bersejarah lainnya di Kota Semarang.

#MasjidTaqwaSekayu #MasjidTertua #KotaSemarang

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.