Kompas TV regional berita daerah

Petani Kopi Tetap Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Jumat, 16 April 2021 | 15:32 WIB

KAB. SEMARANG, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 ternyata berdampak pada para petani kopi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Penjualan kopi turun hingga 70 persen di masa pandemi. Untuk tetap bisa bertahan para petani harus bisa menjual hasil panennya dengan berkeliling dan juga bersaing lewat media sosial. 

Kabupaten Semarang menjadi salah satu penghasil kopi di wilayah Jawa Tengah, karena dikelilingi pegunungan dan perbukitan. Banyak petani kopi di Kabupaten Semarang yang bergantung pada hasil penjualan kopi untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Antep Rosyid warga Dusun Tumpak, Desa Genting, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang sudah hampir 10 tahun menekuni profesi sebagai petani kopi, mengaku sejak pandemi Covid-19 penjualan kopinya menurun. 

Meskipun saat ini sepi pembeli, namun Antep Rosid tetap bertahan dengan tetap memetik biji kopi, menjemur biji kopi hingga memanggang biji kopi sampai menjual produk akhir.

Sebelum masa pandemi, Antep Rosid mengaku biasanya bisa menjual 30 kilogram kopi. Banyaknya hotel dan restoran yang berhenti beroperasi di masa pandemi Covid-19, membuat Antep Rosid hanya bisa menjual 20 kilogram kopi. Ia pun sering berkeliling menjajakan kopinya ataupun melalui sosial media dan berharap kondisi pandemi segera berakhir agar penjualan kopinya bisa meningkat kembali.

#PetaniKopi #Pandemi #PenjualanKopi


  

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:14
KORBAN TEWAS AKIBAT DEMO TOLAK KUDETA MYANMAR PADA AKHIR PEKAN LALU BERTAMBAH JADI 8 ORANG   MENTERI KOPERASI DAN UKM TETEN MASDUKI TARGETKAN RASIO KEWIRAUSAHAAN INDONESIA 4 PERSEN PADA 2024   KEJAGUNG LIMPAHKAN SEMBILAN BERKAS PERKARA KASUS KORUPSI ASABRI KE JAKSA PENUNTUT UMUM   BMKG MEMINTA WARGA BOGOR, DEPOK, DAN BEKASI MEWASPADAI POTENSI HUJAN PETIR HARI INI   KEPALA TERMINAL KAMPUNG RAMBUTAN MENCATAT TERJADI PENINGKATAN PENUMPANG MUDIK LEBARAN SEJAK AKHIR PEKAN KEMARIN   SATGAS COVID-19: MOBILITAS MASYARAKAT KE PUSAT PERBELANJAAN DALAM 10 HARI KE DEPAN DIPERKIRAKAN SEMAKIN MENINGKAT   SATGAS COVID-19: 29 PROVINSI DI INDONESIA ALAMI KENAIKAN MOBILITAS MASYARAKAT KE PUSAT PERBELANJAAN   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP VAKSINASI KEPADA PARA PEDAGANG BISA MEMPERLAMBAT PENYEBARAN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MINTA SELURUH PEDAGANG DI PUSAT PERBELANJAAN DIVAKSINASI COVID-19   LURAH KAYU PUTIH ARTIKA RISTIANA BANTAH MELAKUKAN PUNGLI TERHADAP PERUSAHAAN UNTUK MENYEDIAKAN TAKJIL BUKA PUASA   PEMKOT BOGOR SIAPKAN ENAM LOKASI POS SEKAT DALAM OPERASI KEWASPADAAN MUDIK LEBARAN PADA 6-17 MEI 2021   PAKAR PENYAKIT MENULAR AS SARANKAN PEMERINTAH INDIA MELAKUKAN “LOCKDOWN” NASIONAL SELAMA BEBERAPA PEKAN   KEMENAG: PENGGUNAAN MASKER SAAT SHALAT DI TENGAH PANDEMI TETAP SAH DALAM AJARAN AGAMA ISLAM    PRESIDEN JOKOWI & GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN PANTAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK PEDAGANG DI THAMRIN CITY